Meski Ekonomi Lesu, Tren Perjalanan Wisata Lokal Naik 20%

Di tengah lesunya kondisi perekonomian Indonesia saat ini ternyata tidak mempengaruhi tren perjalanan wisata, terutama wisata domestik yang cenderung naik di sepanjang semester I tahun ini.
Peni Widarti | 02 Juli 2015 20:25 WIB
Pemandian Tirta Empul paling banyak dikunjungi wisatawan lokal dan asing. - Bisnis/Feri Kristianto

Bisnis.com, SURABAYA - Di tengah lesunya kondisi perekonomian Indonesia saat ini ternyata tidak mempengaruhi tren perjalanan wisata, terutama wisata domestik yang cenderung naik sepanjang semester I/2015.

Perusahaan travel agent yang berbasis di Surabaya, PT Darmawisata Indonesia menyebutkan tingkat permintaan perjalanan wisata melalui agen yang dikelolanya bahkan naik hingga 20% pada semester ini.

Divisi Marketing Darmawisata Mustain Romli mengatakan kebanyakan perjalanan wisata masih didominasi ke Bali disusul Yogyakarta dan beberapa daerah wisata lainnya.

"Sedangkan perjalanan wisata internasional memang sedikit menurun permintaannya tetapi masih ada yang melakukan wisata terutama ke negara-negara di Asia Pasifik," katanya Kamis (2/7/2015).

Dia menambahkan hingga akhir tahun ini, Darmawisata memprediksi tren perjalanan wisata masih akan tumbuh hingga 30% sesuai dengan yang ditargetkan.

Untuk mencapai target tahun ini, lanjut Mustain, Darmawisata akan membidik pasar-pasar baru, membuat paket-paket perjalanan wisata menarik melalui promo online serta menggaet segmen korporasi.

Tag : wisatawan domestik
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top