Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kementan Gandeng BISI Pasarkan Inovasi

Kementerian Pertanian menggandeng PT BISI International Indonesia Tbk (BISI) untuk memproduksi dan memasarkan benih dan teknologi pertanian yang dihasilkan oleh tim peneliti.
Farodilah Muqoddam
Farodilah Muqoddam - Bisnis.com 01 Juli 2015  |  20:23 WIB
Kementan Gandeng BISI Pasarkan Inovasi
Jagung - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pertanian menggandeng PT BISI International Indonesia Tbk (BISI) untuk memproduksi dan memasarkan benih dan teknologi pertanian yang dihasilkan oleh tim peneliti.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian M Syakir mengatakan kerja sama dengan pihak swasta dilakukan untuk memudahkan diseminasi teknologi dan inovasi yang dihasilkan oleh para peneliti.

Selama ini, menurut Syakir, banyak inovasi yang dihasilkan tidak dapat sepenuhnya dimanfaatkan secara luas karena ketiadaan jaringan yang menghubungkan dengan petani.

“Kami terkendala di penggandaan dan penyebaran inovasi,” ujarnya, Rabu (1/7/2015).

Dalam kerja sama ini, Kementan dan BISI segera menetapkan target pemasaran produk, kuantitas yang disiapkan, serta jenis varietas yang dibutukan di setiap daerah. Kedua belah pihak juga akan menyiapkan bibit-bibit tanaman yang potensial dikembangkan di wilayah tidak subur, termasuk di wilayah rawa dan tegalan serta lahan kering.

Selain berperan memproduksi massal bibit-bibit yang dikembangkan oleh Badan Litbang, BISI juga bertanggung jawab memperkenalkan benih tersebut kepada petani.

Di bidang pupuk hayati, kedua belah pihak akan bermitra melakukan evaluasi produk pupuk hayati yang dinilai potensial dikembangkan di Indonesia. Proses produksi dan pemasaran akan dilakukan oleh BISI. []

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bibit bisi swasembada pangan
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top