Kadin dan IOM Jalin Kerjasama, Cegah Perdagangan Manusia Bermodus Penempatan TKI

Kadin Indonesia menjalin kerjasama dengan International Organization for Migration (IOM) dalam rangka mencegah praktik perdagangan manusia dengan modus penempatan tenaga kerja Indonesia (TKI).n
Tegar Arief
Tegar Arief - Bisnis.com 11 Juni 2015  |  18:06 WIB
Kadin dan IOM Jalin Kerjasama, Cegah Perdagangan Manusia Bermodus Penempatan TKI
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Kadin Indonesia menjalin kerjasama dengan International Organization for Migration (IOM) dalam rangka mencegah praktik perdagangan manusia dengan modus penempatan tenaga kerja Indonesia (TKI).

"Kami bekerja untuk memperkuat sektor swasta dalam mencegah tindak pidana perdagangan orang," kata Ketua Satuan Tugas (Satgas) TKI Kadin Nofel Saleh Hilabi di Jakarta, Kamis (11/6/2015).

Menurutnya, kerjasama ini dilakukan demi menegaskan komitmen swasta untuk mengambil peran dalam upaya pencegahan tersebut, utamanya dalam proses pengiriman tenaga kerja Indonesia.

Nofel mengatakan, perdagangan manusia dengan jalur pengiriman tenaga kerja ilegal banyak dilakukan oleh mafia yang bisa berasal dari oknum perorangan perusahaan hingga oknum pemerintah.

"Moratorium yang dilakukan pemerintah juga dapat memicu perdagangan manusia atau jumlah TKI ilegal semakin besar," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
TKI, human trafficking, perdagangan manusia

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top