Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

26,5% Proyek Inovasi Industri Gagal Sebelum Produk Diluncurkan

PPM Manajemen menyatakan berdasarkan hasil riset 2014 sebanyak 26,5% industri yang menjadi responden penelitian mengalami kegagalan dalam proyek inovasi sebelum produk diluncurkan ke pasar.

Bisnis.com, JAKARTA—PPM Manajemen menyatakan berdasarkan hasil riset 2014 sebanyak 26,5% industri yang menjadi responden penelitian mengalami kegagalan dalam proyek inovasi sebelum produk diluncurkan ke pasar.

Riza Aryanto, Faculty Member STM PPM, mengatakan kegagalan inovasi sebelum produk diluncurkan ke pasar akibat sejumlah perusahaan mengalami kemacetan inovasi seperti kekakuan organisasi, perangkap finansial, masalah kompetensi, ketidakjelasan pengambil keputusan dan lainnya.

Dibutuhkan manajemen inovasi agar sasaran perusahaan dapat tercapai secara efektif dan efisien. Dibutuhkan proses identifikasi peluang, pengembangan ide, desain produk, pengembangan sampai perencanaan pemasarannya, ujarnya di Jakarta, Rabu (27/5).

Dia mengatakan manajemen inovasi harus memenuhi lima aspek, yaitu efisiensi proses inovasi, garis komunikasi yang tepat di dalam perusahaan dan pihak luar, koordinasi antara anggota tim dengan upaya minimal, pembelajaran, serta menyelaraskan tujuan pemangku kepentingan.

Selain itu, lanjutnya, perusahaan harus mampu membangun budaya inovasi entrepreneurship dalam diri karyawan. Karena, ide inovasi terkadang muncul dalam diri pekerja lapangan.

Jika karyawan lapangan tidak memiliki jika entrepreneurship maka ide inovasi tersebut tidak akan menjadi apa-apa. Oleh karena itu, budaya entrepreneurship sangat penting dalam inovasi, katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper