Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KADI Gandeng Apindo Kaltim Gelar Bimbingan Penyelidikan Antidumping

Komite Anti Dumping Indonesia (KADI) bekerja sama dengan Apindo Kaltim menggelar bimbingan teknis penyelidikan antidumping di Hotel Novotel, Balikpapan, hari ini (28/5/2015).
KADI berkewajiban untuk menyosialisasikan semua peraturan anti dumping. /en.ria.ru
KADI berkewajiban untuk menyosialisasikan semua peraturan anti dumping. /en.ria.ru

Bisnis.com, BALIKPAPAN—Komite Anti Dumping Indonesia (KADI) bekerja sama dengan Apindo Kaltim menggelar bimbingan teknis penyelidikan antidumping di Hotel Novotel, Balikpapan, hari ini (28/5/2015).

Vice Chairman KADI Joko Wiyono mengatakan pelaksanaan bimbingan teknis yang diikuti oleh pelaku usaha industri ini bertujuan untuk menyosialisasikan bea masuk anti dumping untuk menghindari kerugian bagi pelaku usaha industri yang khususnya memproduksi batu bara, gas alam, minyak mentah, crude palm oil, pupuk, dan sebagainya.

“Jadi ini merupakan sosialisasi kepada pengusaha, mengenalkan adanya instrument tindakan anti dumping berupa bea masuk anti dumping. Karena adanya dumping ini yang paling rugi kan pengusaha dan industri yang dikelolanya,” jelasnya, Kamis (28/5/2015).

Menjelang berlakunya pasar bebas ASEAN, lanjut Joko, akan terjadi peningkatan tingkat kompetensi dalam dunia usaha yang cenderung akan mengakibatkan praktik-praktik dumping dari negara lain. Apabila hal itu terjadi maka pelaku usaha dalam negeri tidak akan mampu menghadapi persaingan dengan produk impor.

“Curangnya terkadang mereka menjual barang yang harganya lebih murah dibanding dengan harga dalam negeri. Tujuannya macam-macam, bisa jadi biar barangnya laku atau menjual murah karena kelebihan stok, atau untuk memperluas pasar,” tambah Joko.

Oleh karena itu, KADI berkewajiban untuk menyosialisasikan semua peraturan antidumping dengan tujuan agar masyarakat khususnya pelaku usaha industri dalam negeri dapat terlindungi dari praktik curang ini.

“Kami harus sampaikan, pelaku usaha bisa komplain kalau merasa dirugikan akibat barang impor yang dicurigai dumping. Saat ini masih ada yang diam saja mungkin karena tidak tahu ada peraturan bea masuk antidumping,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper