Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Tradisional Bisa Dijadikan Promosi Pariwisata

Pasar tradisional dinilai bisa menjadi salah satu wahana promosi pariwisata, yakni dengan memasarkan produk-produk khas daerah berupa hasil pertanian dan suvenir khas daerah tersebut.n

Bisnis.com, JAKARTA -- Pasar tradisional dinilai bisa menjadi salah satu wahana promosi pariwisata, yakni dengan memasarkan produk-produk khas daerah berupa hasil pertanian dan suvenir khas daerah tersebut.

Menurut Anggota Komisi VI DPR RI Melani Leimena Suharli, revitalisasi pasar sangat penting untuk menata kembali pasar tradsional agar tak tergerus oleh keberadaan pasar modern yang kian tumbuh subur di daerah.

"Pasar tradisional harus memasarkan produk-produk lokal. Jadi orang yang datang ke daerah itu bisa mudah mendapatkan produk khas," katanya seperti dikutip dalam website resmi DPR, Selasa (26/5/2015).

Dia menambahkan, revitalisasi pasar tradisional harus segera dilakukan sehingga kesan yang ,umcul di masyarakat pasar tradisional adalah lokasi yang nyaman sehingga juga bisa menari wisatawan.

"Mencari souvenir khas daerah tidak harus ke toko-toko, tapi bisa juga dicari di pasar tradisional. Begitu juga buah-buahan dan sayuran khas daerah setempat harus selalu ada di pasar tradisional, agar wisatawan mudah mencarinya dengan harga yang murah," ujarnya.

Daerah yang belum punya pasar, lanjut Melani, harus diutamakan. Termasuk daerah yang akses ke pasar tradisionalnya terlalu jauh dari jangkauan masyarakat. Membangun infrastruktur menuju pasar taradisional juga menjadi keharusan untuk segera dibangun, agar masyarakat mudah mengakses pasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Tegar Arief
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper