Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pengganti Cilamaya Terancam Mendilusi Pasar New Priok

National Maritime Institute (Namarin) mempertanyakan kejelasan pengganti Pelabuhan Cilamaya. Direktur Namarin Siswanto Rusdi mengatakan pengganti Pelabuhan Cilamaya dapat menimbulkan sejumlah persoalan, seperti lokasi dan status hukum pelabuhannya.
Veronika Yasinta
Veronika Yasinta - Bisnis.com 25 Mei 2015  |  22:14 WIB
Pengganti Cilamaya Terancam Mendilusi Pasar New Priok
Foto areal proyek pembangunan Pelabuhan Kalibaru atau yang disebut Terminal New Priok di Kalibaru, Jakarta Utara, Kamis (21/5/2015). - Antara/Andika Wahyu
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA–National Maritime Institute (Namarin) mempertanyakan kejelasan pengganti Pelabuhan Cilamaya. Direktur Namarin Siswanto Rusdi mengatakan pengganti Pelabuhan Cilamaya dapat menimbulkan sejumlah persoalan, seperti lokasi dan status hukum pelabuhannya.

Menurutnya, kapasitas New Priok yang sedang dibangun akan mencukupi infrastruktur yang dibutuhkan untuk aktivitas logistik di pelabuhan. Berkembangnya pendapat tentang kejenuhan Pelabuhan Tanjung Priok, menurutnya, hanya asumsi untuk kepentingan-kepetingan tertentu. Di sisi lain, pembangunan New Priok sedang dilakukan.

 “Sekarang dikembangkan asumsi pelabuhan Tanjung Priok akan jenuh. Asumsi itu didengung-dengungkan, kemudian terbentuk opini, kita harus buat pelabuhan selain di Tanjung Priok,” katanya, Senin (25/5/2015).

Seperti yang diketahui, pembangunan New Priok fase pertama akan rampung pada 2018 dengan menyelesaikan tiga terminal petikemas yang memiliki daya tampung hingga 4,5 juta petikemas per tahun.

Dia berpendapat bahwa keberadaan pengganti Pelabuhan Cilamaya akan membuat pasar terbelah dua. Di sisi lain, investasi di Tanjung Priok maupun New Priok bakal mubazir dan tidak mendapatkan keuntungan.

“Ada segelintir kelompok yang tidak ingin Tanjung Priok berkembang dengan baik. Kalau nanti pengganti Cilamaya dibangun dengan terminal yang sama, pasar yang sama, itu kan bahaya. Nanti investasi di Tanjung Priok mubazir,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tanjung priok cilamaya new priok pelabuhan cilamaya
Editor : Hendri Tri Widi Asworo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top