Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Targetkan 35 PDAM Sehat Tiap Tahun

Pemerintah targetkan penambahan 35 PDAM sehat setiap tahun untuk mendukung target 100% akses aman air minum dalam RPJMN 2015-2019.

Bisnis.com, JAKARTA—Pemerintah targetkan penambahan 35 PDAM sehat setiap tahun  untuk mendukung target 100% akses aman air minum dalam RPJMN 2015-2019.

Kepala Badan Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (BPP SPAM) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Tamin M. Zakaria mengatakan  bahwa saat ini, baru 182 PDAM yang berstatus sehat, atau 51% dari total 359 PDAM seluruh Indonesia.

“Artinya, dengan penambahan 35 yang sehat setiap tahun, di akhir 2019 seluruh PDAM sudah dalam kondisi sehat,” katanya saat dihubungi, Rabu (13/5/2015).

Menurutnya, pencapaian target tersebut tidak terlepas dari dukungan pemerintah daerah.

Oleh karena itu, selama lima tahun mendatang, BPP SPAM akan mendatangi langsung kepala daerah untuk meminta komitmen mereka mendukung rencana aksi  yang dirancang BPP SPAM bersama PDAM setempat.

“Kita akan beri pendampingan untuk good governance supaya [PDAM yang sehat] itu berkelanjutan, jangan sampai turun lagi kinerjanya,” katanya.

Menurutnya, pendampingan dari BPP SPAM tidak saja mencakup aspek teknis, tetapi juga kepengusahaan meliputi ekonomi, keuangan, manajemen, hukum, komunikasi, dan sosial.

Dengan komitmen peningkatan efektifitas BPP SPAM, dirinya optimis kinerja PDAM dapat diperbaiki.

Tamin menambahkan, hingga saat ini sudah ada 38 PDAM yang mendapat persetujuan mutlak penghapusan utang non-pokok dari kementerian keuangan.

“Mudah-mudahan menyusul lagi 37 dalam waktu dekat,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper