Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Trakindo Lakukan Sertifikasi K3L

PT Trakindo Utama (Trakindo), distributor resmi alat berat Caterpillar, melakukan sertifikasi sistem manajemen K3L dan mengalami berbagai penyempurnaan hingga kini mengaplikasikan sistem sertifikasi tunggal untuk OHSAS 18001 dan ISO 14001.

Bisnis.com, JAKARTA- PT Trakindo Utama (Trakindo), distributor resmi alat berat Caterpillar, melakukan sertifikasi sistem manajemen K3L dan mengalami berbagai penyempurnaan hingga kini mengaplikasikan sistem sertifikasi tunggal untuk OHSAS 18001 dan ISO 14001.

Sistem manajemen Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lingkungan (K3L) Trakindo berdasarkan pada standar Occupational Safety Health Assessment Series (OHSAS) 18001 dan ISO 14001, serta Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) yang diterapkan pemerintah. Hingga tahun 2014, 68 kantor cabang Trakindo di seluruh Indonesia telah memperoleh sertifikasi OHSAS 18001 dan ISO 14001.

OHSAS 18001 merupakan standar internasional penerapan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja di tempat kerja. Sedangkan ISO 14001 merupakan standar internasional bidang manajemen lingkungan untuk membantu organisasi di seluruh dunia dalam meningkatkan efektivitas kegiatan pengelolaan lingkungannya.

Pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada perusahaan diatur pemerintah dalam Undang-undang Nomor 1/ 1970. UU Keselamatan Kerja ini memberikan perlindungan atas keselamatan pekerja dan orang lain yang berada di tempat kerja dengan salah satu tujuan utama untuk mencegah kecelakaan dan penyakit akibat kerja.

Sementara UU nomor 32/ 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup bertujuan melindungi negara dari kerusakan dan menghadirkan lingkungan hidup yang baik dan sehat sebagai hak asasi warga negara Indonesia.

Maria T. Kurniawati, Chief Administration Officer, PT Trakindo Utama, mengataka , K3L adalah aspek yang sangat penting dalam segala aktivitas operasional. “Selain menjaga untuk selalu menaati UU tentang Keselamatan Kerja dan UU tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, juga peraturan lainnya, kami berusaha untuk melangkah lebih jauh, salah satunya melalui sertifikasi standar internasional OHSAS dan ISO pada seluruh cabang Trakindo di Indonesia,” ujarnya seperti dikutip dari siaran pers, Rabu (6/5/2015).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper