Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PNM Gandeng Jetro Garap PEmberdanaan UMKM

PT Permodalan Nasional Madani (Persero) bekerjasama dengam Japan External Trade Organization (Jetro) mulai menyiapkan program guna meningkatkan langkah pemberdayaan dan pengembangan usaha mikro dan kecil di seluruh Indonesia.

Bisnis.com, PURWOKERTO—PT Permodalan Nasional Madani (Persero) bekerjasama dengam Japan External Trade Organization mulai menyiapkan program guna meningkatkan langkah pemberdayaan dan pengembangan usaha mikro dan kecil di seluruh Indonesia.

Senior Director Japan External Trade Organization (JETRO) Yu Yoshida  mengatakan pihaknya dalam dua bulan ke depan mulai meninjau langsung  kegiatan UMK binaan unit atau unit layanan modal mikro (ULaMM) PNM. Hal itu merupakan tindak lanjut penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara PNM dengan JETRO.

"JETRO bersama PNM akan keliling ke beberapa wilayah kerja ULaMM PNM guna melihat langsung aktifitas pemberdayaan yang kami laksanakan," katanya dalam keterangan resmi, Kamis (7/5/2015).

Pihaknya, pada hari ini, bersama PNM mengunjungi UMK binaan dalam kegiatan program pengembangan kapasitas usaha di Kota Klaten, Jawa Tengah. Kesempatan itu, jelas Yu, akan dimanfaatkan untuk melihat langsung potensi kualitas produk UMK yang  dapat dipasarkan ke luar negeri.

"[Hasil pengamatan] kemudian disusun bersama bentuk implementasi kerjasama guna mendukung pemberdayaan dan pengembangan UMK Indonesia," ujarnya.

Executive Vice President PNM Arief Mulyadi mengungkapkan pemberdayaan UMK harus mampu memperluas basis ekonomi dan dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi ekonomi nasional.

Jadi, ungkapnya, pengembangan tidak hanya ditujukan untuk mengurangi masalah kesenjangan antar golongan, pendapatan antar pelaku, dan penyerapan tenaga kerja.

“Selain dukungan permodalan untuk usaha serta pendampingan bagi UMK, ULaMM PNM didesain untuk dapat mengembangkan pemasaran produk UMK baik di dalam negeri maupun ke luar negeri," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper