Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARI BUMI 2015: Cargill Indonesia Siap Tanam 150.000 Pohon

Bertepatan dengan peringatan Hari Bumi, Cargill Indonesia merayakan ulang tahun ke-150 dengan melakukan penanaman 150.000 pohon di lahan milik perusahaan di seluruh penjuru nusantara selama tiga tahun ke depan.
Kebun Kakao. /Aceh-edff.org
Kebun Kakao. /Aceh-edff.org

Bisnis.com, JAKARTA - Bertepatan dengan peringatan Hari Bumi, Cargill Indonesia merayakan ulang tahun ke-150 dengan melakukan penanaman 150.000 pohon di lahan milik perusahaan di seluruh penjuru Nusantara untuk periode hinggga 3 tahun ke depan.

"Program penanaman 150.000 pohon menegaskan komitmen Cargill dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar," Jean Louis Guillou, Country Head PT Cargill Indonesia melalui siaran pers, Rabu (22/4/2015).

Guillou menerangkan Cargill tidak hanya menanam pohon untuk melindungi lingkungan, namun juga menanam pohon produktif, seperti kelapa, kakao, buah-buahan untuk membantu meningkatkan taraf hidup petani.

Penanaman pohon selama 3 tahun di Indonesia ini dimulai oleh Cargiil pada April 2015 dan tahap kedua akan berlangsung di awal musim hujan pada Oktober 2015.

"Pada tahun pertama program, kami akan menanam 70.000 pohon di 18 lahan perkebunan Cargill. Jumlah yang sama akan ditanam pada tahun 2016. Sementara pada tahun 2017, minimum akan ditanam 10.000 pohon," lanjutnya.

Saat ini, Cargill Indonesia yang berkantor pusat di Jakarta, memiliki lebih dari 11.000 karyawan dan berada di 26 lokasi dengan kantor, pusat produksi dan fasilitas di seluruh Indonesia. Aktivitas-aktivitas usaha perseroan meliputi nutrisi hewan, kakao, biji-bijian dan biji penghasil minyak, kelapa sawit, kopra dan gula.

Guillou memaparkan program penanaman pohon akan mendukung keanekaragaman hayati dan varietasnya akan dipilih oleh tim di setiap lokasi. Dia mencontohkan, timnya memilih menyumbangkan pohon kelapa untuk petani smallholder di Amurang, Sulawesi.

Cargill melakukan penanaman 1.000 pohon di Kampung Tunggilis, Desa Ciputri, yang terletak di lereng Gunung Gede Pangrango Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Kampung Tunggilis sendiri adalah wilayah resapan air hujan yang menyangga pasokan air ke daerah Cianjur, Jakarta dan Bekasi.

Selain itu, ujarnya, Cargill melatih dan mendukung petani kakao untuk membuat kebun pembibitan mereka sendiri di Makassar. Adapun di Pasuruan, Jawa Timur, pihaknya lebih memilih untuk bekerja dengan LSM lokal Kaliandra.

Tak ketinggalan, kawasan hutan lindung Gunung Arjuna di Jawa Timur dan Gunung Gede Pangrango juga menjadi sasaran program penanaman pohon yang dilakukan oleh Cargill. []

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arys Aditya
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper