Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TKI Korban Air Asia QZ8501 Terima Santunan Asuransi TKI

Yuni Indah, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Ponorogo yang menjadi korban dari jatuhnya pesawat Air Asia QZ8501 beberapa waktu lalu mendapat santunan dan asuransi sebesar Rp80 juta.n
Tegar Arief
Tegar Arief - Bisnis.com 25 Maret 2015  |  18:45 WIB
Ekor pesawat AirAsia QZ8501 saat dipindahkan dari Kapal Crest Onyx ke tempat penyimpanan barang bukti di Pelabuhan Kumai, Kalteng, Minggu (11/1). - Antara/Prasetyo Utomo
Ekor pesawat AirAsia QZ8501 saat dipindahkan dari Kapal Crest Onyx ke tempat penyimpanan barang bukti di Pelabuhan Kumai, Kalteng, Minggu (11/1). - Antara/Prasetyo Utomo

Bisnis.com, JAKARTA -- Yuni Indah, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Ponorogo yang menjadi korban dari jatuhnya pesawat Air Asia QZ8501 beberapa waktu lalu mendapat santunan dan asuransi sebesar Rp80 juta.

Santunan tersebut terdiri dari santunan biaya pemakaman Rp 5 Juta dari Kementerian Ketenagakerjaan dan asuransi TKI sebesar Rp 75 juta dari konsorsium asuransi Mitra TKI.

"Asuransi ini hak ahli waris. Ini kewajiban konsorsium asuransi TKI untuk membayar dan menanggung," kata Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri dalam rilis yang diterima, Rabu (25/3/2015).

Yuni Indah merupakan TKI yang bekerja di Singapura. Dia pulang ke Ponorogo selama satu bulan untuk menikmati masa cutinya sebelum akhirnya kembali ke Singapura dengan pesawat AirAsia QZ8501 jurusan Surabaya-Singapura.

Hanif menjelaskan, pembayaran asuransi korban Air Asia ini berbeda dengan pembayaran asuransi yang saat ini masih dalam proses bagi semua penumpang Air Asia.

"Pembayaran asuransi ini khusus bagi almarhumah sebagai TKI. Jadi berbeda dengan asuransi dari pihak Air Asia yang sedang dilakukan. Soal asuransi Air Asia secara keseluruhan sudah ditangani instansi terkait," ujarnya.

Selain kepada  Yuni Indah, Kemenaker juga telah  menyerahkan uang santunan kepada TKI  asal Jawa Timur yang juga menjadi korban jatuhnya pesawat tersebut yaitu  Yuni Astuti, TKI asal Blitar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asuransi tki Air Asia QZ8501
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top