Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KTNA Minta HPP Jagung Segera Ditetapkan

Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) berharap pemerintah segera menetapkan Harga Pembelian Pemerintah (HPP) jagung setelah harga komoditas itu jatuh bebas bulan ini.
Bisnis.com, JAKARTA – Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) berharap pemerintah segera menetapkan Harga Pembelian Pemerintah (HPP) jagung setelah harga komoditas itu jatuh bebas bulan ini.
 
Ketua KTNA Winarno Thohir mengatakan harga jagung di beberapa wilayah saat ini mencapai Rp1.800 pipilan kering per kg atau turun 50% dari rerata harga patokan produsen pakan yakni Rp2.800 pipilan kering per kg.
 
Selama ini, Winarno mengatakan harga jagung tidak diatur dalam instrument HPP dan hanya mengandalkan harga referensi saja. Padahal, petani jagung kerap tertekan saat panen raya sehingga pemerintah harus juga mengatur HPP.
 
“Jadi kalau panen raya bisa segera dibeli dari Bulog. Ini harga termurah dalam lima tahun terakhir,” katanya kepada Bisnis, Selasa, (24/3/2015).
 
Saat ini, Winarno mengestimasi sudah ada panen jagung sebesar 6 juta ton di beberapa sentra seperi Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sumatera Utara .
 
Adapun, panen jagung selama ini mengikuti waktu panen padi. Sehingga, ditakutkan pada Agustus-September nanti petani jagung kembali merugi akibat rendahnya harga akibat panen besar.
 
Sebelumnya, Kementerian Pertanian telah mengusulkan adanya HPP jagung sebesar Rp3.150 per kg untuk menjamin kelangsungan usaha petani jagung.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Irene Agustine
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper