Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KAI Alihkan Muat Bongkar Barang ke Stasiun Tawang

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional 4 Semarang bakal melakukan pemindahan atau relokasi muat-bongkar angkutan barang hantaran paket (BHP) dari Stasiun Poncol ke Stasiun Tawang, yang berlaku pada tanggal 1 Februari 2015.

Bisnis.com, SEMARANG—PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional 4 Semarang bakal melakukan pemindahan atau relokasi muat-bongkar angkutan barang hantaran paket (BHP) dari Stasiun Poncol ke Stasiun Tawang, yang berlaku pada tanggal 1 Februari 2015.

Manajer Humas PT KAI Daops 4 Semarang Suprapto menerangkan pemindahan itu bagian dari program pengembangan atau revitalisasi Stasiun Semarang Poncol dan Stasiun Tawang pada tahun ini.

Menurutnya, program revitalisasi Stasiun Poncol dilakukan agar bisa menampung penumpang kereta api yang setiap tahun terus meningkat.

Data KAI Daops 4 tercatat sebanyak 5.000 sampai 7.000 penumpang per hari yang berangkat dari Stasiun Poncol.

”Dengan adanya relokasi itu, kegiatan penerimaan maupun pengiriman BHP di Stasiun Poncol yang dilaksanakan oleh 19 ekspeditur ditiadakan,” ujarnya, Jumat (30/1/2015).

Dia mengimbau kepada masyarakat yang ingin menggunakan jasa pengiriman barang melalui jasa transportasi kereta api dapat mengirimkan paket barangnya ke Stasiun Semarang Tawang.

Suprato mengungkapkan bangunan bekas kantor maupun gudang dari para ekspeditur di Stasiun Poncol akan digunakan sebagai sarana untuk perluasan parkir dan pembangunan sarana publik lainnya seperti masjid dan toilet.

“Diharapkan dengan pembangunan fasilitas publik ini dapat meningkatan kenyamanan dan keindahan di Stasiun Semarang Poncol,” paparnya.

Sementara di Stasiun Semarang Tawang, kata dia, akan dibangun gedung ekspeditur dengan luas area 3.000 m2 yang terletak di sebelah timur Stasiun Semarang Tawang.

Guna menunjang bongkar-muat angkutan BHP tersebut, terhitung mulai 1 Februari 2015, ujar Suprapto, kereta api ekonomi seperti KA Kertajaya (Surabaya Pasar Turi - Jakarta /pp).

Selanjutnya KA Brantas (Kediri - Jakarta /pp), KA Matarmaja (Malang - Jakarta/pp) dan KA Ons / Parcel (Surabaya Pasar Turi - Jakarta) akan berhenti di Stasiun Semarang Tawang untuk melaksanakan kegiatan bongkar muat barang ekspedisi.

Selanjutnya, pintu akses masuk dari jalan raya ke gudang / kantor ekspedisi yang ada di Semarang Poncol akan ditutup dan tidak ada lagi kegiatan keluar masuk mobil box ekspedisi.

Selain itu, pintu akses masuk BHP ke stasiun Semarang Poncol yang berada di sebelah barat stasiun akan ditutup dan tidak ada kegiatan muat-bongkar barang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khamdi
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper