Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perlindungan Pekerja Migran: 3 Komisi DPR Bergabung Bentuk Timwas TKI

DPR telah menyepakati pembentukan tim pengawas tenaga kerja Indonesia (Timwas TKI) yang bertugas melakukan fungsi kontrol dalam seluruh proses penempatan dan perlindungan pekerja migran.
Tegar Arief
Tegar Arief - Bisnis.com 27 Januari 2015  |  13:58 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- DPR telah menyepakati pembentukan tim pengawas tenaga kerja Indonesia (Timwas TKI) yang bertugas melakukan fungsi kontrol dalam seluruh proses penempatan dan perlindungan pekerja migran.

Timwas TKI ini akan diisi oleh anggota yang berasal dari Komisi IX (bidang ketenagakerjaan), Komisi III (bidang keamanan), dan Komisi I (bidang hubungan luar negeri).

"Semua fraksi di Komisi IX DPR RI telah bersepakat untuk membentuk Timwas TKI," kata anggota Komisi IX DPR Amelia Anggraini, Rabu (27/01/2015).

Kendati diisi oleh anggota yang berasal dari tiga komisi, pimpinan DPR telah menginstruksikan bahwa anggota Timwas akan didominasi oleh Komisi IX, yang memang fokus di bidang ketenagakerjaan.

"Pimpinan DPR akan kirim surat ke fraksi-fraksi agar segera ajukan anggota yang masuk Timwas TKI dengan prioritas dari Komisi IX DPR," ujarnya.

Seperti diketahui, pembentukan Timwas TKI ini menjadi salah satu komitmen terhadap upaya memberikan perlindungan sepenuhnya terhadap TKI.

Sebagai tenaga kerja yang dilindungi hak-haknya, keberadaan mereka seringkali menjadi sapi perahan para oknum atau lembaga yang terlibat dalam proses penempatan TKI.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

TKI
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top