Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KABAR LENGKAP AIR ASIA QZ8501 HILANG: Arahan Presiden Jokowi, Kronologi, Lokasi Perkiraan Jatuh, Daftar Penumpang

KABAR LENGKAP AIR ASIA QZ8501 HILANG: Arahan Presiden Jokowi, Kronologi, Lokasi Perkiraan Jatuh, Daftar Penumpang
Ilustrasi/Facebook Air Asia Indonesia
Ilustrasi/Facebook Air Asia Indonesia

Kabar24.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sedang berada di Papua untuk kunjungan kerja telah memperoleh laporan terkait musibah hilang kontaknya pesawat AirAsia QZ 8501 rute penerbangan Surabaya – Singapura, Minggu (28/12) pagi.

Setibanya, di Bandar Udara Dominique Edward Osok, Sorong, Papua Barat, dari Wamena, siang ini, Presiden Jokowi langsung mengumpulkan para petinggi TNI – Polri. Tampak hadir Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijatno, Panglima TNI Jendral Moeldoko, KSAU Marsekal Ida Bagus Putu Dunia, KSAL Laksamana Marsetio, Kapolri Jendral Sutarman, dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Marciano Norman

“Presiden mendengar penjelasan dan memberi arahan tentang hilangnya pesawat AirAsia QZ8501,” kata Sekretaris Kabinet (Seskab) Andi Wijayanto melalui pesan singkatnya, beberapa saat lalu, seperti dilansir www.setkab.go.id

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pesawat AirAsia QZ8501 yang berangkat dari Bandara Juanda, Surabaya, pada Minggu (28/12) pukul 05.20 WIB, telah dilaporkan hilang kontak pada sekitar pukul 06.17 WIB atau satu jam setelah terbang. Hingga kini belum ada informasi lebih lanjut mengenai posisi pesawat sekarang.

Pesawat yang membawa 155 orang penumpang itu seharusnya sudah tiba di Singapura pada pukul 08.30 Waktu Singapura atau 07.30 WIB.

Menurut Plt Dirjen Perhubungan Udara Djoko Murjatmodjo, sebelum hilang kontak, pilot sempat menginformasikan kepada ATC (Air Traffic Control) bahwa cuaca sedang buruk. Kemudian pilot meminta untuk menghindari awan dan naik ke ketinggian 38.000 kaki.

“Pada saat kontak ATC radar di Jakarta mengidentifikasi masih ada, kemudian menyatakan menghindari awan dari kiri dan meminta naik ke ketinggian 38.000 kaki. Pada pukul 06.16 WIB masih terlihat di radar, kemudian pukul 06.17 hanya tampak sinyal dan pada saat itu pesawat hilang kontak,” kata Djoko dalam konperensi pers di Jakarta, Minggu (28/12) siang.

Terkait musibah ini, Ibu Negara Iriana Widodo melalui akun twitter pribadinya @IrianaJokowi mendoakan pesawat dan para penumpang AirAsia bisa segera diketemukan. “Semoga bisa segera diketemukan dalam keadaan selamat,” doa Ibu Negara Iriana Widodo, beberapa waktu lalu.

Adapun Wakil Presiden Jusuf Kalla melalui akun twitter pribadinya @Pak JK juga menyampaikan doa yang sama, mudah-mudahan pesawat yang mengangkut 155 penumpang itu bisa diketemukan dengan selamat.

“Kita doakan bersama semoga pesawat AirAsia QZ8501 Sby-Sin yg hilang kontak segera ditemukan dan seluruh penumpang serta awak pesawat selamat. Kita doakan bersama semoga pesawat AirAsia QZ8501 Sby-Sin yg hilang kontak segera , dan seluruh penumpang serta awak pesawat selamat,” tulis Wapres Jusuf Kalla(Bisnis.com/Setkab.go.id)

KABAR LENGKAP SEPUTAR AIR ASIA QZ8501 HILANG

AIR ASIA QZ8501 HILANG: Jokowi Instruksikan Pencarian Gabungan

Presiden Joko Widodo menginstruksikan seluruh instansi terkait bekerja sama mencari pesawat AirAsia QZ 8501 yang hilang komunikasi di sekitar Selat Malaka.

AIR ASIA QZ8501 HILANG: Pesawat dalam Kondisi Bagus, Jalani Perawatan November 2014

Pesawat AirAsia jenis Airbus 320-200 yang dinyatakan hilang dalam penerbangan Surabaya-Singapura, Minggu (28/12/2014) masih dalam kondisi bagus.

AIR ASIA QZ8501 HILANG: CEO Tony Fernandes Meluncur ke Surabaya

CEO Air Asia Tony Fernandes tengah menuju ke Surabaya sehubungan dengan hilangnya kontak pesawat Air Asia Indonesia QZ8501.

AIR ASIA QZ8501 HILANG: Gelombang Tinggi di Perairan Bangka Belitung Jadi Kendala Pencarian Pesawat

Basarnas Provinsi Bangka Belitung mengkhawatirkan kondisi cuaca dan gelombang tinggi menjadi kendala dalam pencarian di lokasi titik jatuh pesawat AirAsia.

AIR ASIA QZ8501 HILANG: 7 Penumpang WNA di Dalam Pesawat

Pihak Maskapai Penerbangan AirAsia Indonesia memastikan tujuh warga negara asing (WNA) terdapat di dalam pesawat nomor penerbangan QZ 8501 dari Surabaya menuju Singapura yang mengalami hilang kontak dengan "air traffic control", Minggu.

AIRASIA HILANG KONTRAK: Tim Gabungan Menuju Titik Jatuh Pesawat

Sebanyak 41 personel dari Tim SAR gabungan dari Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung berangkat menuju lokasi yang diduga sebagai titik jatuhnya pesawat Air Asia jenis air bus A320-200 yang dinyatakan hilang kontak pada pukul 06.17 WIB.

AIR ASIA QZ8501 HILANG: Beberapa Penumpang Hendak Rayakan Tahun Baru di Singapura

Keluarga penumpang pesawat Air Asia dengan nomor penerbangan QZ8501 rute Surabaya-Singapura yang dilaporkan hilang pada Minggu (28/12/2014) mulai berdatangan memenuhi posko krisis atau Crisis Centre terminal 2 Bandara Internasional Juanda Surabaya, di Sidoarjo.

AIR ASIA QZ8501 HILANG, PENGAMAT: Cuaca Jadi Faktor Utama Hilangnya Pesawat

Pengamat penerbangan Dudi Sudibyo menilai faktor cuaca berperan besar atas hilangnya pesawat Airbus A320, Air Asia QZ 8501 saat bertolak dari Bandar Udara Ir. H. Juanda, Sidoarjo Jawa Timur ke Changi Airport Singapura.

AIR ASIA QZ8501 HILANG: Ini Penjelasan Kemenhub Soal Kondisi Pesawat

Kementerian Perhubungan memastikan pesawat AirAsia bernomor QZ8501 yang hilang kontak dalam kondisi laik terbang.

AIR ASIA QZ8501 HILANG, Menhub Fokus Pada Pencarian Pesawat

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menyatakan akan lebih fokus pada pencarian pesawat Air Asia dengan nomor penerbangan QZ 8501 rute Surabaya-Singapura yang dilaporkan hilang pada Minggu (28/12/2014).

AIRASIA HILANG KONTAK: Manajemen Gelar Konferensi Pers Lanjutan di Surabaya

Maskapai AirAsia Indonesia bakal menggelar konferensi pers lanjutan di Surabaya Jawa Timur, Minggu (28/12/2014) untuk menginformasikan perkembangan pesawat yang hilang kontak tersebut.

AIR ASIA QZ8501 HILANG: Polair Babel Bantu Cari Pesawat

Kepolisian Air, Polda Kepulauan Bangka Belitung mengirim 15 anggota guna membantu pencarian pesawat Air Asia jenis air bus A320 yang dinyatakan hilang kontak pada pukul 06.17 WIB.

AIR ASIA QZ8501 HILANG: Doa Pun Mengalir di Instagram

Doa sekaligus berbagai pertanyaan para follower akun resmi Air Asia di Instagram mengalir setelah pihak maskapai menyampaikan konfirmasi tentang pesawatnya bernomor penerbangan QZ 8501 dari Surabaya ke Singapura hilang kontak di perairan Indonesia, Minggu (28/12/2014) pagi.

AIR ASIA QZ8501 HILANG: Ini Daftar Nama Penumpang

Pesawat Air Asia nomor penerbangan QZ 8501 dari Bandara Juanda Surabaya ke Singapura mengalami hilang kontak dengan air traffic control, Minggu (28/12/2014).

AIR ASIA QZ8501 HILANG: KNKT Batalkan Konferensi Pers Akhir Tahun

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) membatalkan rencana konferensi pers akhir tahun terkait keselamatan transportasi karena badan tersebut memfokuskan diri menyelidiki hilangnya pesawat AirAsia QZ 8501 rute Surabaya-Singapura.

AIR ASIA QZ8501 HILANG: Tim Gabungan Basarnas Sisir Wilayah Perkiraan Jatuh Pesawat

Tim gabungan dari Brimobda, Polair dan Basarnas Bangka Belitung menyisir sampai ke wilayah yang diperkirakan titik pesawat Air Asia jenis air bus A320 jatuh.

AIRASIA HILANG KONTAK: Terakhir Komunikasi Saat di Belitung dan Tanjung Pandan

Menteri Perhubungan Ignatius Jonan menyatakan akan lebih fokus pada pencarian pesawat Air Asia dengan nomor penerbangan QZ 8501 rute Surabaya-Singapura yang dilaporkan hilang pada Minggu (28/12/2014).

AIR ASIA QZ8501 HILANG: Basarnas-Relawan Bergerak ke Titik Jatuh Pesawat

Sebanyak 13 orang personel Basarnas Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama 20 orang relawan bergerak menuju lokasi yang diduga sebagai titik jatuhnya pesawat Air Asia jenis Air Bus A320-200.

AIRASIA HILANG KONTAK: Bandara Supadio Pontianak, Posko Resmi Pencarian

Bandara Internasional Supadio Pontianak baru saja ditetapkan sebagai posko resmi untuk mengetahui perkembangan pesawat Air Asia yang hilang kontak pagi tadi, Minggu (28/12/2014).

AIR ASIA QZ8501 HILANG: Jadi Trending Topic Dunia

Kabar perihal hilang kontaknya pesawat AirAsia QZ8501 rute Surabaya-Singapura pada Minggu (28/12/2014) menjadi topik utama yang paling banyak dikicaukan atau trending topic dunia di media sosial twitter.

AIR ASIA QZ8501 HILANG: Ini Tanggapan Asita

Para pelaku industri pariwisata yang tergabung dalam ASITA menyatakan keprihatinannya yang mendalam atas hilangnya pesawat AirAsia QZ8501 rute Surabaya-Singapura pada Minggu (28/12/2014).

AIRASIA HILANG KONTAK: Bandara Supadio Pontianak Siapkan Posko Resmi

Bandara Internasional Supadio Pontianak baru saja ditetapkan sebagai posko resmi untuk mengetahui perkembangan pesawat Air Asia yang hilang kontak pagi tadi, Minggu (28/12/2014).

AIRASIA HILANG KONTAK: Ini Kronologi Hilangnya Pesawat Menurut Kemenhub

Pesawat AirAsia QZ 8501 rute Surabaya-Singapura yang dinyatakan hilang kontak masih dalam pencarian Badan Search and Rescue Nasional atau Basarnas, Minggu (28/12/2014).

AIR ASIA QZ8501 HILANG: Ini Keterangan Menteri Jonan

AIR ASIA QZ8501 HILANG: Ini Keterangan Menteri Jonan

AIRASIA HILANG KONTAK: Basarnas Koordinasi dengan SAR Daerah

Basarnas menerima laporan pesawat AirAsia Indonesia jenis Airbus 320 rute Surabaya menuju Singapura mengalami hilang kontak dengan air traffic control di sekitar Teluk Kumai tadi pagi pukul06:17 WIB.

AIRASIA HILANG KONTAK: Basarnas Koordinasikan Pencarian

Tim Badan Search and Rescue Nasional atau Basarnas menggelar koordinasi dengan berbagai kantor SAR daerah untuk melakukan pencarian pesawat AirAsia QZ 8501.

AIRASIA HILANG KONTAK : Kapal Pencari Sisir Tampat Kejadian

Kementerian Perhubungan mengerahkan kapal dan pesawat untuk melakukan pengamatan di perairan antara Tanjung Pandan dan Pontianak guna mencari keberadaan pesawat AirAsia Indonesia yang lost contatact, Minggu (28/12/2014).

AIRASIA HILANG KONTAK: Bandara Supadio Pontianak Belum Jadi Posko Resmi Pencarian

Bandara Internasional Supadio Pontianak belum dinyatakan sebagai posko resmi terkait hilangnya kontak pesawat Air Asia jurusan Surabaya-Singapura Airbus A320-200.

REVISI UMK 2015: Gubernur Jabar Dinilai Membuat Blunder

Penetapan revisi Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) Jabar 2015 oleh Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dinilai sebagai langkah blunder yang akan merugikan dunia usaha.

AIRASIA HILANG KONTAK: TNI AU Terjunkan Tim Pencari

TNI Angkatan Udara merespon kejadian lost contact pesawat AirAsia rute Surabaya-Singapura dengan menerjunkan tim pencari.

AIRASIA HILANG KONTAK: Ini Call Emergency Bagi Keluarga Penumpang

PT Indonesia AirAsia melaporkan bahwa pesawat dengan nomor QZ 8501 rute Surabaya menuju Singapura telah hilang kontak dengan air traffic control pada pukul 07:24 waktu singapura.

AIR ASIA QZ8501 HILANG: Terbang Di Ketinggian 32.000 Kaki, Nasib 162 Penumpang&Kru Belum Diketahui

Pesawat Air Asia Indonesia dengan nomor penerbangan GZ8501 hilang di atas Laut Jawa dalam penerbangan dari bandara Juandara Surabaya menuju Bandara Changi Singapura.

AIRASIA HILANG KONTAK: Ini Daftar Awaknya

Pesawat AirAsia rute Surabaya-Singapura dikabarkan hilang kontak pagi ini. Ini daftar awaknya.

AIRASIA HILANG KONTAK: Ini Konfirmasi dari Manajemen Maskapai

AirAsia Indonesia telah mengkonfirmasi bahwa pesawat dengan nomor QZ8501 ddengan jalur penerbangan Surabaya-Singapura hilang kontak dengan air traffic control pada pukul 07.24 waktu Singapura pagi ini.

AIRASIA HILANG KONTAK: Manajemen Segera Gelar Konferensi Pers

Manajemen AirAsia Indonesia berencana menggelar konferensi pers terkait kejadian lost contact pesawat AirAsia QZ8501 rute Surabaya-Singapura, Minggu (28/12/2014).

AIRASIA HILANG KONTAK: Diduga Terpengaruh Cuaca Buruk

Mantan KSAU/Pengamat penerbangan Chappy Hakim memperirakan hilangnya kontak pesawat AirAsia nomor penerbangan QZ 8501 tujuan Surabaya-Singapura dilaporkan hilang kontak di sekitar Kepulauan Kalimantan, Tanjung Pandan karena faktor cuaca buruk

Pesawat AirAsia Hilang Kontak

Pesawat AirAsia rute Surabaya-Singapura dikabarkan hilang kontak pagi ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper