Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HPE Pertambangan Pada Desember Turun

Harga Patokan Ekspor (HPE) pertambangan periode bulan Desember 2014 mengalami penurunan yang diakibatkan adanya fluktuasi harga internasional.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA -  Harga Patokan Ekspor (HPE) pertambangan periode bulan Desember 2014 mengalami penurunan yang diakibatkan adanya fluktuasi harga internasional.

"Fluktuasi harga internasional menyebabkan HPE produk tambang mengalami penurunan," ujar Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Partogi Pangaribuan, dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Sabtu (29/11/2014).

Penetapan HPE tersebut ditetapkan dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 87/M- DAG/PER/11/2014 tentang Penetapan Harga Patokan Ekspor atas produk pertambangan hasil pengolahan yang dikenakan bea keluar, yang dikeluarkan Rabu (26/11).

Produk pertambangan hasil pengolahan yang dikenakan bea keluar adalah konsentrat tembaga, konsentrat seng, konsentrat timbal, konsentrat besi, konsentrat mangan, konsentrat ilmenite serta konsentrat titanium lainnya.

Harga dasar perhitungan HPE bersumber dari Asian Metal untuk konsentrat besi, konsentrat mangan sedangkan konsentrat tembaga, konsentrat timbale, serta konsentrat seng berdasarkan London Metal Exchange (LME).

Dibandingkan dengan penetapan HPE periode November 2014 sebagian besar mengalami penurunan.

Konsentrat tembaga Cu lebih besar sama dengan 15%  dengan harga rata-rata US$1.789,31/WMT atau turun 0,69%, konsentrat bijih besi (hematit, magnetit, pirit) dengan kadar Fe lebih besar sama dengan 62% dengan harga rata-rata US$71,29/WMT turun 3,40%.

Konsentrat bijih besi (gutit/laterit) dengan kadar Fe lebih besar sama dengan 51% dan (Al2O3 + SiO3) lebih besar sama dengan 10% dengan harga rata-rata US$21,87/WMT atau turun 2,17%.

Konsentrat timbal Pb lebih dari sama dengan 57 persen, harga rata-rata 833,13 dolar AS/WMT atau turun 2,37 persen dan konsentrat seng Zn lebih besar sama dengan 52 persen dengan harga rata-rata 567,47 dolar AS/WMT atau turun 0,77 persen.

Sementara itu konsentrat mangan Mn lebih besar sama dengan 49 persen, konsentrat ilmenite dan konsentrat titanium lainnya tidak mengalami perubahan dibandingkan HPE periode sebelumnya.  (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper