Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARGA BBM NAIK: Tarif Angkutan Barang Naik 25%-30%

Operator angkutan barang moda darat berencana menaikkan tarif sekitar 25% sampai 30% setelah pemerintah mengumumkan naiknya harga bahan bakar minyak.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA --Menyusul kenaikan harga BBM, akan terjadi kenaikan tarif angkutan dan transportasi.

Operator angkutan barang moda darat berencana menaikkan tarif sekitar 25% sampai 30%. Penaikkan tarif ini akan diberlakukan setelah pemerintah resmi mengumumkan naiknya harga bahan bakar minyak.

Kyatmaja Lookman, Presiden Direktur Lookman Djaja Land-perusahaan ekspedisi angkutan barang sekaligus salah-satu pencetus Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) atau Indonesia Trucking Association-mengatakan naiknya harga bahan bakar minyak akan berdampak langsung terhadap perusahaan angkutan moda darat (trucking).

“Begitu pemerintah menaikkan harga BBM maka biaya operasional kita akan segera naik,” tuturnya Selasa(18/11/2014).

Menurutnya komponen biaya bahan bakar minyak sekitar 30% sampai 40% dari biaya operasional trucking dan dengan naiknya harga bahan bakar minyak akan berpengaruh terhadap kenaikan solar dan komponen biaya operasional lainnya seperti biaya suku cadang (sparepart), penyeberangan kapal, dan biaya upah sumber daya manusia (uang makan supir) serta inflasi lainnya.

Jika asumsi bahan bakar minyak dinaikkan ke Rp8.500 maka kenaikan karena solar bisa 16% hingga 22% dan hitungan tersebut belum termasuk efek inflasi. Di tambah dengan inefisiensi karena macet yang mengakibatkan berkurangnya trip atau perjalanan.

Adapu melalui naiknya tarif angkutan yang akan diberlakukan nanti seiring naiknya BBM oleh pemerintah tidak akan berdampak terhadap nilai tambah layanan ke pengguna jasa karena ini murni biaya operasional yang naik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fitri Rachmawati
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper