Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bomer Pasaribu Bikin Kopi Luwak Indonesia Makin Dikenal di Baltik

Kopi Luwak asli Indonesia kini makin terkenal di Lithuania, berkat upaya Duta Besar RI untuk Denmark dan Lithuania Bomer Pasaribu.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Kopi Luwak asli Indonesia kini makin terkenal di Lithuania, berkat upaya Duta Besar RI untuk Denmark dan Lithuania Bomer Pasaribu.

Setelah diadakan pertemuan bisnis oleh Atase Perdagangan dan ALPK (Lithuanian Confederetion) di wilayah Klaipeda Free Economic Zone, kopi berharga mahal tersebut makin berkibar di negeri Baltic ini.

Melalui perusahaan Hens Co., kopi Luwak diborong sebanyak 5 ton oleh Nordic Industry. Nordic juga berkomitmen membeli 3.000 ekor ayam potong per bulan serta woodchip sebagai bahan pemanas di musim dingin.

Tak berhenti pada pertemuan bisnis, Dubes Bomer Pasaribu ikut terlibat dalam Baltic Food and Beverages (BAF). Sebuah ajang ekspo bertaraf internasional untuk wilayah Baltic, di Litexpo, Vilnius, Lithuania. Pameran BAF Litexpo merupakan pameran makanan dan minuman yang diselenggarakan setahun sekali.

Perusahaan Hens Co. lagi-lagi mempromosikan kopi Luwak dan membagi-bagikan setiap bungkus kopi Luwak seharga EUR 7 para pengunjung.

Pameran BAF 2014 diikuti oleh sekitar 100 exhibitor dari beberapa negara Eropa seperti Italia, Norwegia, Prancis, Islandia, Polandia, Lithuania, Latvia, Belarus, Yunani. Peserta Argentina mewakili Amerika Latin, sedangkan dari wilayah Asia diikuti oleh RRT, Sri Lanka, dan Indonesia.

"Keikutsertaan Indonesia pada pameran ini bertujuan untuk memperkenalkan produk Indonesia di wilayah Baltic dan untuk memfasilitasi para pengusaha Indonesia yang ingin mengembangkan bisnis produk Kopi Luwak dan makanan ringan berciri khas Indonesia, yaitu kacang atom di wilayah Eropa," tegas Bomer Pasaribu, Sabtu (15/11/2014).

Stan Indonesia diwakili oleh 2 co-exhibitor perusahaan Indonesia, yaitu Hens Co. (kopi luwak, teh kayu dan lainnya, cerutu, dan tepung gluten free/cassava) dan Dua Kelinci (makanan ringan seperti kacang atom, kacang kulit, dan wafer).

Pengunjung BAF rata-rata adalah konsultan bisnis yang menangani ekspor impor internasional, buyer kopi/teh, dan masyarakat umum.

Sempat juga diadakan pertunjukan memasak. KBRI menyajikan masakan rendang dan opor ayam. "Opor ayam diserbu pengunjung," ujar Bomer. KBRI juga membagi-gaikan buku memasak masakan Indonesia kepada pengunjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper