Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AirAsia Mulai Layani Rute Bali-Melbourne

Grup Air Asia secara resmi mengoperasikan maskapai penerbangan berbiaya hemat tujuan jarak jauh, Indonesia AirAsia Extra, dan menjadikan Bali sebagai hub.

Bisnis.com, BADUNG--Grup Air Asia secara resmi mengoperasikan maskapai penerbangan berbiaya hemat tujuan jarak jauh, Indonesia AirAsia Extra, dan menjadikan Bali sebagai hub.

Rute perdana yang akan dilayani maskapai baru ini adalah Bali-Melbourne, dan penerbangan perdananya dimulai pada 26 Desember 2014.

Soeratman Doerachman, CEO Indonesia AirAsia Extra, mengungkapkan Bali dijadikan hub, karena kedatangan wisatawan mancanegara ke pulau ini meningkat 13% pada tahun lalu, dan Australia berkontribusi lebih dari 25%.

"Bali merupakan lokasi yang menjadi pilihan wisatawan asal Australia dan pertumbuhan wisatawan dari negara itu cukup tinggi sejak lama. Itu potensi besar," jelasnya saat meresmikan rute baru di Kuta, Bali, Kamis (6/11).

Maskapai afiliasi dari AirAsia X Berhad ini menargetkan hingga akhir 2014, rute baru tersebut dapat mengangkut hingga 15.000 penumpang dengan load factor 85%. Untuk saat ini, Indonesia AirAsia Extra melayani penerbangan Bali-Melbourne sebanyak lima kali seminggu.

Adapun pesawat yang melayani rute itu sebanyak 2 unit tipe Airbus 330 berkapasitas 377 penumpang dengan 12 bisnis class. Ke depannya, maskapai berencana menambah jumlah pesawat sehingga totalnya mencapai 10 unit.

Setelah Bali, rencananya Indonesia AirAsia X akan membuka dua rute baru pada tahun depan, yakni Bali-Taipe pada Maret, dan Bali-Tokyo. Selain itu, manajemen tengah mempertimbangkan membuka penerbangan ke Jeddah, serta menambah kota tujuan di Australia seperti Brisbane dan Sidney.

Menurutnya, rute Jeddah ditujukan untuk melayani jemaah umroh asal Indonesia yang jumlahnya sangat banyak. Soeratman menegaskan keberadaan Indonesia AirAsia X tidak hanya bertujuan menjangkau wisman, tetapi dilebih ditujukan untuk menangkap peluang turis domestik yang berminat ke luar negeri.

"Sebenarnya potensi terbesar itu justru dari dalam negeri sendiri, ini peluang yang coba kami tangkap," jelasnya.

Indonesia AirAsia Extra merupakan maskapai penerbangan hemat rute jarak jauh yang kedua dimiliki Grup Air Asia di luar Malaysia setelah sebelumnya ada Thai AirAsia X Co. Di Indonesia, Air Asia telah melayani penerbangan hemat jarak pendek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Feri Kristianto
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper