Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

YACHT: Tahun Depan, Perizinan Kapal Layar Makin Mudah

Mulai tahun depan, pelancong mancanegara yang menggunakan kapal layar (yacht) akan semakin mudah untuk masuk ke perairan Indonesia
 Ilustrasi/
Ilustrasi/

Bisnis.com, JAKARTA- Mulai tahun depan, pelancong mancanegara yang menggunakan kapal layar (yacht) akan semakin mudah untuk masuk ke perairan Indonesia.

Pasalnya, urusan perizinan untuk masuk ke Indonesia akan semakin mudah. Pelayar hanya membutuhkan waktu 1 hari hingga izin ke luar. Lama waktu tersebut jauh lebih cepat dibandingkan dengan birokrasi yang terjadi selama ini yang membutuhkan waktu hingga berminggu-minggu.

Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo mengungkapkan dengan memudahkan perizinan kapal layar, maka akan ada pemerataan ekonomi ke seluruh daerah di pesisiran Indonesia.

"Kapal layar atau kapal wisata bisa langsung masuk ke daerah-daerah pesisir di Indonesia, sehingga devisa bisa langsung ke masyarakat," paparnya seusai seusai rapat koordinasi gabungan, Rabu (5/11/2014).

Menurutnya, ke depannya perizinan yacht akan selesai dalam 1 hari dengan sistem one stop online, semua kementerian dan lembaga yang terkait akan langsung terakomodasi pada sistem tersebut.

Izin yacht yang akan keluar tersebut juga akan berlaku hingga 1 tahun untuk multiple entry.

"Dengan adanya kesepakatan ini akan dilakukan revisi peraturan presiden, dan diharapkan aturannya bisa ditandatangi presiden pada tahun ini dan diimplementasikan mulai tahun depan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper