Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengusaha Bisa Ikut Business Matching di TEI 2014

Sebagai pameran bertaraf internasional dengan konsep business to business (B2B), selama penyelenggaraan Trade Expo Indonesia (TEI) 2014 pada 8-12 Oktober 2014, business matching hadir sebagai salah satu layanan TEI.nn

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagai pameran bertaraf internasional dengan konsep business to business (B2B), selama penyelenggaraan Trade Expo Indonesia (TEI) 2014 pada 8-12 Oktober 2014, business matching hadir sebagai salah satu layanan TEI.

Kementerian Perdagangan memfasilitasi one-on-one meeting antara peserta pameran dan pebisnis mancanegara untuk bertemu partner bisnis masing-masing sesuai dengan bidang usahanya.

Di samping memperoleh kemudahan dalam mendapatkan partner bisnis, di sisi lain business matching dapat meningkatkan jejaring bisnis antarnegara, serta dapat mengetahui lebih mendalam tentang produk-produk yang diminati pembeli mancanegara.

Hasilnya, pada hari pertama pembukaan, sekitar 42 orang pengusaha asal Mumbai, India telah bertemu dengan counterparts-nya di Indonesia untuk membicarakan kerja sama bisnis di Hall D2, JIExpo Kemayoran.

Adapun produk-produk yang diminati para pengusaha tersebut antara lain produk suku cadang kendaraan bermotor, makanan dan minuman olahan, furnitur, produk kesehatan dan kecantikan, hasil pertanian, produk karet, produk tekstil, aneka kerajinan tangan tradisional, produk medis dan farmasi, kayu daur ulang, kayu solid, minyak dan gula kelapa, dan produk lainnya.

Sedangkan produk-produk yang berhasil menarik pengusaha asal India untuk melakukan pemesanan, yaitu produk makanan olahan berupa makanan ringan, produk spa berupa massage oil, produk hasil hutan berupa getah damar, betel nut, serta produk kecantikan dan perawatan tubuh berupa kapas pembersih wajah dan kapas pembersih telinga.

Diestimasikan, nilai transaksi potensial dari program business matching delegasi India di hari pertama TEI 2014 diperkirakan lebih dari US$145 ribu.

Memasuki hari ke-2, Kamis (9/10/2014), sebagian anggota delegasi asal India masih akan mengunjungi pameran untuk melihat dan melakukan kontrak bisnis dengan peserta lainnya.

Sementara itu, tak kurang dari 90 pebisnis yang berasal dari Malaysia, Australia, Kanada, Jepang, Azerbaijan, Finlandia, Filipina, Singapura, Polandia, dan Lithuania, pada hari ke-2 TEI 2014 akan bertemu dengan calon partnernya. Kemendag memfasilitasi pertemuan-pertemuan tersebut di Hall D2 JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Diharapkan, sedikitnya 300 pebisnis mancanegara dari lebih 35 negara di dunia yang ikut dalam kegiatan business matching, akan membicarakan kerja sama bisnis dengan mitra pengusahanya di Indonesia.

Sejumlah negara yang dipastikan melakukan business matching antara lain adalah Bahrain, Kamerun, Finlandia, Yunani, Madagaskar, Inggris, Estonia, Yordania, Papua Nugini, Meksiko, Kanada, Amerika Serikat, Aljazair, Ethiopia, Jepang, Afrika Selatan, dan Sri Lanka.

Hingga hari ini, TEI 2014 dikunjungi oleh lebih dari 14.000 visitors yang berasal dari sedikitnya 100 negara. Produk yang diminati dalam TEI 2014 kali ini seperti home decoration, tekstil dan produk tekstil, furnitur kayu, serta produk agrikultur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Setyardi Widodo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper