Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Produksi Krakatau Posco Efektif Sejak Juni 2014

Sebelum PT Krakatau Posco mulai menjual pelat baja ke galangan kapal, operasional pabrik baja bersistem tanur tinggi (blast furnance) sempat bermasalah.

Bisnis.com, JAKARTA—Sebelum PT Krakatau Posco mulai menjual pelat baja ke galangan kapal, operasional pabrik baja bersistem tanur tinggi (blast furnance) sempat bermasalah.

"Pabrik Blas Furnace kami bermasalah pada beberapa bulan lalu. Ini berlangsung pada Januari sampai Maret, sekarang sudah diperbaiki," ucap Direktur Komersil Krakatau Posco Chun Sung Lae saat dihubungi Bisnis, Jumat (19/9/2014).

Pabrik pertama Krakatau Posco tidak hanya memproduksi plat baja (steel plate) tetapi juga baja kasar (slab) dan baja canai panas (hot rolled coils/HRC).

Plat baja dipakai khusus untuk manufaktur kapal yang butuh spesifikasi khusus, yakni lebar 4 meter dan tebal 60 - 120  milimeter.

Fasilitas produksi senilai US$2,66 miliar tersebut terdiri dari pabrik Blast Furnace, 300 T/Ch Basic Oxygen Furnace, mesin Continuous Casting untuk memproduksi slab dengan 1,5 MTPY, Plate Mill untuk memproduksi 1,5 MTPY plate, serta fasilitas dan infrastruktur pendukung lain.

Sung Lae mengatakan sejak Juni 2014 pabrik pertama Krakatau Posco mulai beroperasi normal. Penjualan plat baja kepada industri galangan kapal pun sudah berlangsung.

Krakatau Posco merupakan perusahaan patungan (joint venture) antara PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. dan Pohang Iron & Steel Company (Posco) asal Korea. Pabrik pertama berkapasitas 3 juta ton per tahun fokus memproduksi plat baja untuk industri berat dan perkapalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper