Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pelra Ingatkan Jokowi Janji Kembangkan Maritim

DPP Pelayaran Rakyat mengharapkan Jokowi-JK mampu mengimplementasikan rencana pengembangan industri maritim nasional sesuai janji politik.
Muhamad Hilman
Muhamad Hilman - Bisnis.com 11 September 2014  |  20:13 WIB

Bisnis.com, JAKARTA--DPP Pelayaran Rakyat mengharapkan Jokowi-JK mampu mengimplementasikan rencana pengembangan industri maritim nasional sesuai janji politik.

Ketua DPP Pelayaran Rakyat (Pelra) Rahim Pahita mengharapakan masa pemerintahan mendatang dapat merealisasikan janji politik sesuai visi misi saat kampanye, khususnya yang bersinggungan untuk memajukan industri maritim nasional.

"Untuk itu mendukung pengembangan armada pelayaran rakyat. Mudah-mudahan implementasinya bisa baik," katanya, Kamis (11/9).

Menurutnya, sejauh ini eksistensi kapal pelra kian tersisih sejalan dengan jumlah kapal yang kian menyusut.

Dalam 3 tahun terakhir, katanya, jumlah kapal pelra menyusut 50% karena kesulitan mendapatkan kayu sebagai bahan dasar utama dan tingginya modal pembangunan.

"Ke depan kami harap ada penyelesaian masalah terutama pendanaan, misalnya dapat kemudahan lembaga keuangan seperti bank," katanya.

Kondisi itu berbanding terbalik dengan kebutuhan kapal pelra yang cukup tinggi dalam rangka pendistribusian barang.

Peran pelra, imbuhnya, masih dibutuhkan pemilik barang untuk mengirimkan beberapa jenis barang antara lain bahan bangunan seperti semen dan cat, dan kebutuhan sembilan bahan pokok.

Peran pelra, katanya, juga sangat strategis karena mampu masuk ke lokasi pelabuhan kecil yang tidak dapat ditembus kapal besar berbahan besi, seperti Kepulauan Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

Dengan jangkauan hingga ke pelosok daerah, katanya, barang yang didistribusikan pelra dapat langsung dimanfaatkan oleh para end user.

"Kami harap memang, bidang maritim ditingkatkan karena negara kepulauan."


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelayaran nasional maritim pelayaran rakyat
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top