Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jumlah Pengangguran Turun Kurang dari 1%

Target penurunan angka pengangguran yang dipatok pemerintah tak menyentuh angka 1%.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Target penurunan angka pengangguran yang dipatok pemerintah tak menyentuh angka 1%.

Saat ini angka pengangguran Indonesia sebesar 6,25%, sementara pemerintah hanya menargetkan penurunan angka pengangguran menjadi sekitar 5% pada akhir tahun ini.

“Mudah-mudahan di akhir 2014 kita bisa menekan angka pengangguran menjadi 5,8% atau 5,7%,” kata Dirjen Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Reyna Usman, Jumat (5/9/2014).

Reyna mengatakan jumlah pengangguran bisa ditekan dengan melakukan upaya penyediaan fasilitas pembukaan lapangan kerja secara merata di seluruh Indonesia. “Kami berharap angka lowongan dari perusahaan terus meningkat,” imbuhnya.

Pemerintah melalui Kemenakertrans secara berkala menyelenggarakan pameran kesempatan kerja atau job fair di beberapa daerah. Tahun ini acara tersebut digelar di Jakarta, Batu, Surabaya, Semarang, dan sejumlah kawasan lain di Tanah Air sebagai upaya memaksimalkan penyerapan tenaga kerja.

Job fair skala nasional digelar di Jakarta pada 5-6 September akhir pekan ini. Acara tersebut melibatkan kurang lebih 90 perusahaan dari berbagai sektor dan menyediakan 30.000 lowongan pekerjaan untuk masyarakat seluruh Indonesia.

Perusahaan dalam dan luar negeri yang terlibat antara lain di sektor jasa, ritel, minyak dan gas, konstruksi, perbankan, dan perusahaan media. Dalam acara ini, pemerintah menargetkan serapan tenaga kerja minimal 9.000 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Tegar Arief
Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper