Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KINERJA KEMENTERIAN PU: Diprediksi Gagal Capai Target

Menjelang akhir kinerja Kabinet Bersatu II, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mendesak seluruh kementerian untuk menuntaskan tugasnya.
Fitri Sartina Dewi
Fitri Sartina Dewi - Bisnis.com 05 Agustus 2014  |  20:27 WIB
Ilustrasi - Bisnis.com
Ilustrasi - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Menjelang akhir kinerja Kabinet Bersatu II, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mendesak seluruh kementerian untuk menuntaskan tugasnya.

Di bidang infrastruktur, Presiden SBY telah menginstruksikan Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dibawah kepemimpinan Menteri PU, Djoko Kirmanto untuk menuntaskan 3 proyek.

Berdasarkan data Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) ada 3 proyek yang harus dituntaskan Kementerian PU, yaitu proyek Waduk Titab di Buleleng, proyek Waduk Jatibarang di Semarang, dan terbitnya sertifikat laik operasi Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) W2 ruas Ciledug-Ulujami.

Menteri PU, Djoko Kirmanto mengatakan pihaknya telah menuntaskan dua dari tiga proyek tersebut menjelang akhir periode jabatannya sebagai menteri di KIB II.

"Proyek yang sudah dituntaskan adalah jalan tol JORR W2, sedangkan untuk waduk Jatibarang di Semarang sudah selesai, tinggal diresmikan saja," kata Djoko, Senin (4/8).

Mengenai jalan tol JORR W2, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PU, Achmad Gani Gahazali turut menegaskan penuntasan proyek tersebut.

Dia menyatakan sertifkat laik operasi sudah diterbitkan pada 18 Juli 2014, tepatnya sebelum jalan tersebut diresmikan pada 21 Juli 2014.

Adapun, untuk sisa proyek yang belum dituntaskan Kementerian PU, adalah Proyek waduk Titab, Buleleng. Djoko mengaku, pihaknya tengah berupaya mempercepat pengerjaannya agar bisa diselesaikan pada periode kinerjanya sebagai menteri.

Sementara itu, PPK Proyek Waduk Titab, Buleleng, Maruli TG Simatupang mengatakan proyek tersebut diprediksi tidak bisa dirampungkan pada Oktober 2014, atau sebelum KIB II berakhir.

Alasannya, karena hinga saat ini pihaknya masih kekurangan dana untuk menuntaskan proyek sebesar Rp80 miliar.

"Saat ini kami masih menunggu kepastian apakah dana bisa turun atau tidak," ungkapnya.

Selain faktor anggaran, kondisi cuaca yang buruk juga dinilai sebagai penghambat percepatan pengerjaan waduk.

Lebih lanjut, dia menjelaskan untuk total keseluruhan kontruksi bendungan hingga saat ini baru mencapai 95%. Padahal, untuk mencapai progress hingga 100%, pihaknya masih harus menuntaskan sisa bendungan setinggi 32 meter.

"Saat ini bendungan yang sudah diselesaikan berada pada level 106 meter," kata Maruli ketika dihubungi Bisnis, Selasa (5/8).

Menurutnya, proyek ini sudah dipastikan tidak dapat rampung pada Oktober 2014, karena sejak awal, Waduk Titab ini ditargetkan baru bisa beroperasi pada Desember 2014.

3 Tugas Utama Kementerian PU

1. Jalan Tol JORR W2, Ciledug-Ulujami
Panjang: 7,67 km
Jumlah Seksi: 2
Jumlah Investasi: 2,2 triliun
Terbit Sertifikat: 18 Juli 2014
Operasi: 21 Juli 2014

2. Waduk Jatibarang
Anggaran: Rp655 miliar
Tampungan: 20 juta m3
Lokasi: Gunungpati, Semarang
Luas Genangan: 1.1 km2

3. Waduk Titab
Anggaran: Rp428.7 miliar
Tampungan: 12.80 juta m2
Lokasi: Seririt dan Busungbiu, Buleleng
Luas Genangan: 68.83 ha


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kementerian pu
Editor : Sepudin Zuhri

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top