Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KINERJA KEMENTERIAN PU: Diprediksi Gagal Capai Target

Menjelang akhir kinerja Kabinet Bersatu II, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mendesak seluruh kementerian untuk menuntaskan tugasnya.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Menjelang akhir kinerja Kabinet Bersatu II, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mendesak seluruh kementerian untuk menuntaskan tugasnya.

Di bidang infrastruktur, Presiden SBY telah menginstruksikan Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dibawah kepemimpinan Menteri PU, Djoko Kirmanto untuk menuntaskan 3 proyek.

Berdasarkan data Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) ada 3 proyek yang harus dituntaskan Kementerian PU, yaitu proyek Waduk Titab di Buleleng, proyek Waduk Jatibarang di Semarang, dan terbitnya sertifikat laik operasi Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) W2 ruas Ciledug-Ulujami.

Menteri PU, Djoko Kirmanto mengatakan pihaknya telah menuntaskan dua dari tiga proyek tersebut menjelang akhir periode jabatannya sebagai menteri di KIB II.

"Proyek yang sudah dituntaskan adalah jalan tol JORR W2, sedangkan untuk waduk Jatibarang di Semarang sudah selesai, tinggal diresmikan saja," kata Djoko, Senin (4/8).

Mengenai jalan tol JORR W2, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PU, Achmad Gani Gahazali turut menegaskan penuntasan proyek tersebut.

Dia menyatakan sertifkat laik operasi sudah diterbitkan pada 18 Juli 2014, tepatnya sebelum jalan tersebut diresmikan pada 21 Juli 2014.

Adapun, untuk sisa proyek yang belum dituntaskan Kementerian PU, adalah Proyek waduk Titab, Buleleng. Djoko mengaku, pihaknya tengah berupaya mempercepat pengerjaannya agar bisa diselesaikan pada periode kinerjanya sebagai menteri.

Sementara itu, PPK Proyek Waduk Titab, Buleleng, Maruli TG Simatupang mengatakan proyek tersebut diprediksi tidak bisa dirampungkan pada Oktober 2014, atau sebelum KIB II berakhir.

Alasannya, karena hinga saat ini pihaknya masih kekurangan dana untuk menuntaskan proyek sebesar Rp80 miliar.

"Saat ini kami masih menunggu kepastian apakah dana bisa turun atau tidak," ungkapnya.

Selain faktor anggaran, kondisi cuaca yang buruk juga dinilai sebagai penghambat percepatan pengerjaan waduk.

Lebih lanjut, dia menjelaskan untuk total keseluruhan kontruksi bendungan hingga saat ini baru mencapai 95%. Padahal, untuk mencapai progress hingga 100%, pihaknya masih harus menuntaskan sisa bendungan setinggi 32 meter.

"Saat ini bendungan yang sudah diselesaikan berada pada level 106 meter," kata Maruli ketika dihubungi Bisnis, Selasa (5/8).

Menurutnya, proyek ini sudah dipastikan tidak dapat rampung pada Oktober 2014, karena sejak awal, Waduk Titab ini ditargetkan baru bisa beroperasi pada Desember 2014.

3 Tugas Utama Kementerian PU

1. Jalan Tol JORR W2, Ciledug-Ulujami
Panjang: 7,67 km
Jumlah Seksi: 2
Jumlah Investasi: 2,2 triliun
Terbit Sertifikat: 18 Juli 2014
Operasi: 21 Juli 2014

2. Waduk Jatibarang
Anggaran: Rp655 miliar
Tampungan: 20 juta m3
Lokasi: Gunungpati, Semarang
Luas Genangan: 1.1 km2

3. Waduk Titab
Anggaran: Rp428.7 miliar
Tampungan: 12.80 juta m2
Lokasi: Seririt dan Busungbiu, Buleleng
Luas Genangan: 68.83 ha

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper