Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Diminta Izinkan Perdagangan Benih Rekayasa Genetik

Pemerintah dimita segera mengeluarkan regulasi yang mengizinkan perdagangan produk benih yang telah direkayasa secara genetik (genetically modified organism/GMO) di pasar domestik guna menggenjot produktivitas areal tanaman pangan Indonesia.

Bisnis.com, JAKARTA—Pemerintah dimita segera mengeluarkan regulasi yang mengizinkan perdagangan produk benih yang telah direkayasa secara genetik (genetically modified organism/GMO) di pasar domestik guna menggenjot produktivitas areal tanaman pangan Indonesia.

Ekonom pertanian mendukung usulan ini dengan mengajukan sejumlah bukti akademis yang membeberkan kelebihan benih
GMO, atau lazim disebut benih biotek. Namun di sisi lain, pemerintah masih bersikukuh untuk tidak terburu-buru menerbitkan beleid tersebut.

“Tantangan utama pertanian di Indonesia itu permintaan semakin meningkat, tapi areal tanam turun terus. Mau tidak mau
produktivitas harus meningkat,” kata ekonom pertanian asal IPB Arief Daryanto, Rabu (28/5/2014).

Arif menjabarkan, sampai saat ini pemerintah masih gagal mendongkrak produktivitas petani Indonesia, sehingga masih tertinggal jauh dibanding dengan negra lain, yang menyebabkan sektor pertanian tidak berdaya saing dan tidak menarik minat investasi.

Seperti komoditas jagung, ujarnya, Indonesia hanya mampu menghasilkan 4-5 ton/ha, sementara regional Amerika Latin mencapai 7 ton/ha dan bahkan, AS sudah menembus angka 9,6 ton/ha.

Arief menjabarkan, belum lagi persaingan di antara 4F, yaitu food, feed, fuel dan financial speculation yang tidak jarang saling bertumbukan.

Dia mengatakan angka yang bisa dicapai oleh negara dan kawasan pertanian tersebut itu didapatkan dari benih GMO. Bahkan, katanya, lebih dari 90% kedelai yang diimpor oleh Indonesia berasal dari benih yang telah direkayasa secara genetis.

IPB, kata Arief, telah membuktikan secara ilmiah bahwa penggunaan benih GMO juga telah meningkatkan produktivitas tanaman jagung hingga 14%.

Apabila diterapkan secara optimal di seluruh areal tanam Indonesia, paparnya, benih GMO bisa menutup importasi jagung yang dilakukan swasta selang 5 tahun belakangan dengan jumlah sekitar 3 juta ton/tahun, atau setara US$2,5 miliar.

Graham Brookes, direktur dari lembaga konsultan ekonomi pertanian PG Economics Limited, mengungkapkan bahwa penggunaan benih GMO di dunia sejak 1996-2012 telah berkontribusi meningkatkan pendapatan petani sekitar US$116,6 miliar, atau setara US$117/ha (sekitar Rp1,36 juta/ha) hanya pada 2012 saja.

“Setiap investasi petani sebesar US$1 untuk penggunaan teknologi benih biotek ini, akan menghasilkan pendapatan tambahan sebesar US3,7,” kata Brookes saat paparan penelitiannya yang bertajuk Assessing The Global Impact of Crop Biotechnology in Improving the Environment and Economy di Bogor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arys Aditya
Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper