Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KADIN: Neraca Perdagangan Indonesia-Italia Masih Surplus

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menilai perlunya meningkatkan kerja sama dagang dengan Italia guna memperluas pasar Indonesia di Eropa, kendati neraca perdagangan masih surplus.
Heri Faisal
Heri Faisal - Bisnis.com 21 Mei 2014  |  11:27 WIB
 Ilustrasi - Bisnis.com
Ilustrasi - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menilai perlunya meningkatkan kerja sama dagang dengan Italia guna memperluas pasar Indonesia di Eropa, kendati neraca perdagangan masih surplus.

Ketua Umum Kadin Indonesia Suryo Bambang Sulisto mengatakan hingga kini, tren perdagangan dengan Italia masih positif.

“Tren perdagangan kita [Indonesia] masih positif, tetapi perlu ditingkatkan lagi. Karena jika dibandingkan dengan Jepang atau negara lain di Asia, jumlahnya masih relatif kecil,” katanya kepada Bisnis.com, Selasa (20/5/2014).

Tahun lalu, total perdagangan Indonesia dengan Italia mencapai US$3,8 miliar, dengan jumlah ekspor US$2,1 miliar dan impor US$1,7 miliar, surplus untuk Indonesia US$433 juta.

Angka itu, katanya, masih potensial untuk ditingkatkan mengingat sudah ada kesepakatan kerja sama antara Kadin dan Italian Business Association in Indonesia (IBAI) untuk meningkatkan kerja sama di bidang perdagangan, investasi, dan teknologi.

Beberapa sektor kerja sama yang perlu dikembangkan adalah footwear design and manufacturing, tekstil, teknologi ekonomi kreatif, jasa keuangan, perhotelan dan pariwisata.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kadin kerja sama bisnis
Editor : Nurbaiti

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top