Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

60 Juta Penduduk Hidup di Garis Pantai, RI Rentan Degradasi Koral

Wakil Presiden Boediono mengemukakan hampir 60 juta penduduk Indonesia hidup di daerah garis pantai. Hal ini merupakan populasi manusia dengan jumlah terbanyak di dunia yang terkait dengan terumbu karang
Terumbu karang. Indonesia Rentan Degradasi Koral
Terumbu karang. Indonesia Rentan Degradasi Koral

Bisnis.com, JAKARTA--Wakil Presiden  Boediono mengemukakan hampir 60 juta penduduk Indonesia hidup di daerah garis pantai. Hal ini merupakan populasi manusia dengan jumlah terbanyak di dunia yang terkait dengan terumbu karang.

Dengan melihat kondisi ini, menurutnya, dapat dipahami bahwa Indonesia sangat rentan terhadap degradasi koral, karena besarnya ketergantungan terhadap terumbu karang.

Saat membuka World Coral Reef Conference di (WCRC) 2014 di Grand Kawanua Center, Manado, Sulawesi Utara, Jumat (16/5/2015), Wapres menyebutkan,ketika terjadi peningkatan suhu air laut akibat perubahan iklim global tahun 2010, timbul kerusakan karang koral dalam jumlah besar di seluruh Asia Tenggara. Tak sedikit pula kerusakan yang disebabkan oleh ulah langsung manusia.

“Polusi maritim, yang tidak terkendali, pembuangan limbah kapal, dan penangkapan ikan yang berlebihan dan destruktif di perairan Indonesia merupakan permasalahan yang mendapat perhatian Pemerintah Indonesia dan perlu ditangani bersama,” ujarnya seperti dilansir laman Setkab hari ini.

Wapres yang hadir didampingi Ibu Herawati Boediono merinci daerah yang terkena dampak paling besar dari kondisi tersebut ada di sekitar wilayah Sumatera dan Sulawesi. Kerusakan ringan dan sedang juga terlihat di Laut Jawa, Bali, Lombok, Papua bagian Utara dan Kepulauan Maluku.

Dalam kesempatan itu, Wapresmengingatkan bahwa terumbu karang adalah bagian dari ekosistem dunia yang harus dipelihara. Ia menyebutkan, terumbu karang Indonesia sangat kaya dengan keanekaragaman hayati di dunia.

Di antara terumbu-terumbu karang Indonesia, lanjut Wapres, hidup berbagai ragam ikan dan hewan laut dengan beragam macamnya, hewan karang tercatat memiliki spesies yang cukup banyak di perairan Indonesia.

“Semua tipe karang koral ada di perairan Indonesia, termasuk fringing reefs, barrier reefs, dan patch reefs,” paparnya.

Boediono berharap, WCRC sebagai forum global pertemuan pemerintah yang pertama kali diadakan, dapat menghasilkan kesepakatan global menuju pengelolaan terumbu karang yang berkelanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper