Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Program Pengangkutan Sepeda Motor Pemudik Laris Manis

Kementerian Perhubungan akan mengevaluasi mengevaluasi program angkutan sepeda motor gratisbagi para pemudik Lebaran 2014 yang diprediksi bisa menurunkan jumlah pemudik sepeda motor hingga 6%.

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan akan mengevaluasi mengevaluasi program angkutan sepeda motor gratisbagi para pemudik Lebaran 2014 yang diprediksi bisa menurunkan jumlah pemudik sepeda motor hingga 6%.

Menteri Perhubungan Everrt Erens Mangindaan mengatakan pihaknya akan melakukan evaluasi program tersebut seusai pelaksanaan Lebaran 2014. lanjutnya, evaluasi itu akan menitikberatkan pada kuota sepeda motor yang diangkut secara gratis.

Program angkutan sepeda motor gratis menggunakan sarana kereta api diselenggarakan pada 25 Juli-29 Juli (arus mudik) dan arus balik pada 1 Agustus-5 Agustus 2014. Adapun tujuan angkutan sepeda motor gratis ini adalah Cirebon, Tegal, Semarang, Kutoarjo, Yogyakarta dan Solo.

Kuota untuk sepeda motor yang diangkut sebanyak 6300 dengan menggunakan KA Mantap Jaya dan KA Kutoarjo Utara. Kemenhub menggelontorkan anggaran sebesar Rp 5,4 miliar untuk menyedikan angkutan sepeda motor gratis dengan kereta api ini.

Mangindaan memperkirakan program tersebut dapat mengurangi kepadatan pemudik sepeda motor di jalan raya sampai 5% sampai 6%.

“Mudah-mudahan dari yang diangkut untuk kereta api dan kapal itu yang ditanyakan bisa mengurangi lima sampai enam persen pemudik sepeda motor, itu sudah hebat sekali kan,” tambahnya, Jumat (16/5/2014).

Menurut dia, program ini sudah sangat strategis mengalihkan pemudik motor maupun mobil ke moda transportasi lain.

"Yang pertama sudah saya himbau bagi pemudik sepeda motor naik bus saja. Terbukti kan saya berhasil, tiket kereta api saja sudah habis, ya minimal sudah berpengaruh mau naik kereta api," jelasnya.

Sementara itu, Mangindaan mengungkapkan anggaran yang disediakan Kemenhub untuk mudik dilakukan per sub sektor. Artinya, setiap Dirjen mengalokasi anggaran masing-masing untuk angkutan lebaran gratis tahun ini.

“Kita masih hitung lagi, kan ini masing-masing sub sektor hitung sendiri, seperti kesiapan kapal yang ada berpengaruh pada anggaran,"jelasnya.

Kemenhub berharap pada lebaran tahun ini dengan sosialisasi yang panjang mampu mengurangi angka pemudik sepeda motor yang cukup signifikan.

“Untuk kereta api sebanyak 6300 sepeda motor, dan kapal sebanyak 12.000 unit. Ya total yang bisa terangkut selama lebaran ini 20.000 sepeda motor," tuturnya

Sebagai Informasi anggaran untuk angkutan kapal mendapat tambahan dibanding tahun lalu atau dari Rp8 miliar menjadi Rp24 miliar. Selanjutnya angkutan gratis pada tahun 2012 dan tahun 2013 belum memenuhi kuota yang disediakan.

Pantauan Bisnis, pada hari pertama pendaftaran program tersebut, warga dari seantero Jabodetabek langsung memadati loket pendaftaran di kompleks Kemenhub dengan membawa sejumlah persyaratan seperti KTP, Kartu Keluarga dan copy tiket anak.

Wahyudi Prayatno, salah seorang pendaftar mengatakan biasanya saat mudik dia menggunakan bus tapi karena ada informasi pengangkutan sepda motor menggunakan kereta api secara gratis, dia akhirnya memilih untuk mendaftarkan diri. "Secara umum program ini sangat membantu tapi kalau bisa kuotanya lebih diperbanyak,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper