Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Begini Pandangan Mendag Lutfi Soal Sertifikasi Biji Kakao

Bisnis.com, JAKARTA Kementerian Perdagangan mendukung penuh implementasi skema sertifikasi produksi kakao yang berkelanjutan untuk meningkatkan produksi dan kesejahteraan petani.
Heri Faisal
Heri Faisal - Bisnis.com 16 Mei 2014  |  14:14 WIB
Biji kakao - Bisnis.com
Biji kakao - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perdagangan mendukung penuh implementasi skema sertifikasi produksi kakao yang berkelanjutan untuk meningkatkan produksi dan kesejahteraan petani.

Menteri Perdagangan Muhammad Lufti menyampaikan dukungannya dalam implementasi sertifikasi produksi kakao yang berkelanjutan dengan harapan petani menerima imbalan yang sesuai dengan program tersebut.

“Dengan pasar bebas Asean yang sebentar lagi, saya percaya bahwa investasi para produsen cokelat pada industri kakao Indonesia akan menjadikan Indonesia sebagai poros produksi di Asia Tenggara, sehingga sertifikasi produksi menjadi perlu,” katanya melalui rilis yang diterima Bisnis, Jumat (16/5/2014).

Menurutnya, sertifikasi produksi berkelanjutan penting untuk meningkatkan kualitas produksi, meningkatkan pendapatan petani, memberikan harga pasar yang adil dan sesuai bagi petani dan industri kakao, memberikan kemudahan pembiayaan bagi petani, serta meningkatkan akses pasar kakao.

Untuk pengembangan kakao, Konferensi Kakao Internasional di Nusa Dua, Bali, Kamis-Jumat (15-16/5/2014) membahas Challenges and Opportunities of Sustainability for Smallholder Cocoa Farmers Global Overview and Cocoa Outlook, dan The Fath to Sustainability Smallholders.

Sedangkan pada putaran kedua dibahas Global Overview and Current Cocoa Production, Global Perspectives on Production, dan Certifications of Sustainable Cocoa Production.  


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

biji kakao mendag m. lutfi
Editor : Sepudin Zuhri

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top