Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penerbangan Langsung: Rute Hong Kong-Lombok Segera Terwujud

Bandara Internasional Lombok (BIL) di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) akan segera membuka penerbangan langsung dari Hong Kong dalam waktu dekat.

Bisnis.com, MATARAM--Bandara Internasional Lombok (BIL) di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) akan segera membuka penerbangan langsung dari Hong Kong dalam waktu dekat.

Lalu Bayu Windia, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi NTB, mengatakan saat ini rencana pembukaan rute penerbangan langsung dari Hong Kong memasuki tahap penjajakan.

"Kami sedang pembicaraan untuk penerbangan langsung dari Hong Kong. Kalau dari Prancis sudah ada, tapi transit di Singapura," katanya, Rabu (30/4/2014).

Saat ini, penerbangan langsung dari luar negeri menuju Lombok telah ada dari Kuala Lumpur Malaysia, Singapura, dan Perth Australia.

Mulai 12 Juli 2014 mendatang, Lombok juga akan terhubung langsung dengan Johor Baru Malaysia yang dilayani oleh maskapai penerbangan AirAsia.

Penerbangan ini dilayani dalam frekuensi 3 kali sepekan yakni Selasa, Kamis, dan Sabtu.

Sementara itu, Bayu menambahkan, untuk rute penerbangan langsung dari dalam negeri telah tersedia dari beberapa kota. Di antaranya Makassar Sulawesi Selatan, Kupang NTT, Bali, Yogyakarta, dan Jakarta.

Bandara Internasional Lombok berada pada kawasan seluas 551 hektare, memiliki landasan pacu panjang 2.750 meter dan lebar 40 meter.

Bandara ini mampu didarati pesawat Air Bus 330 atau Boeing 767 dan dapat menampung 10 unit pesawat di lokasi parkir (apron).

Kapasitas tampung terminal penumpang BIL mencapai 3 juta orang setahun, dengan luas areal parkir terminal 17.500 meter persegi.

Bandara ini merupakan bagian dari implementasi program masterplan percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia (MP3EI) Koridor V yang mencakup NTB, Bali dan NTT. Koridor V MP3EI itu menekankan pada pengembangan pariwisata dan pendukung pangan nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sukirno
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper