Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PNM Tekankan Pentingnya Manajemen Keuangan & Keamanan UMKM

PT Permodalan Nasional Madani (Persero) menekankan pentingnya manajemen keuangan dan keamanan bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam menjaga kesehatan bisnis serta memitigasi berbagai ancaman dan persaingan yang semakin dinamis.
Herdiyan
Herdiyan - Bisnis.com 27 April 2014  |  07:56 WIB
Pengrajin aneka tas. PNM tekankan pentingnya manajemen keuangan dan keamanan bagi UKM - Antara
Pengrajin aneka tas. PNM tekankan pentingnya manajemen keuangan dan keamanan bagi UKM - Antara

Bisnis.com, JAKARTA—PT Permodalan Nasional Madani (Persero) menekankan pentingnya manajemen keuangan dan keamanan bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam menjaga kesehatan bisnis serta memitigasi berbagai ancaman dan persaingan yang semakin dinamis.

Direktur Utama PNM Parman Nataatmadja menilai UMKM memiliki peran strategis dalam menjaga stabilitas negara jika dilihat dari kontribusinya terhadap pertumbuhan ekonomi yang sangat signifikan.

Namun, dalam praktiknya, sektor UMKM justru sering menghadapi ketidakpastian dan ancaman kegagalan bisnis.

“Karena sejak dulu UMKM punya permasalahan klasik yang belum tuntas tertangani, yakni kendala akses pembiayaan, akses pasar dan pemasaran, tata kelola manajemen keuangan serta akses informasi dan keamanan,” jelasnya dalam siaran pers, Minggu (27/4/2014).

Oleh karena itu, pengembangan UMKM perlu mendapatkan perhatian yang besar dari semua pihak agar dapat berkembang lebih kompetitif bersama pelaku ekonomi lainnya.

PNM sebagai lembaga keuangan non-bank milik Negara punya peran khusus dalam menjawab tantangan yang dihadapi UMKM selama ini, khususnya yang menyangkut permasalahan akses pembiayaan dan pemasaran serta manajemen keuangan.

“Untuk itu perlu dikembangkan kemitraan yang lebih luas lagi, tak hanya antara pengusaha dengan lembaga keuangan, tetapi juga dengan TNI selaku aparatur penegak hukum,” tuturnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm permodalan nasional madani
Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top