Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo: Penguatan soft Infrastruktur Tekan Biaya Logistik 2,5%-3% PDB

PT Pelindo II (Persero) menilai penguatan soft infrastruktur pelabuhan mampu menekan biaya logistik hingga 2,5%-3% terhadap produk domestik bruto (PDB), atau menghemat Rp180 triliun-Rp200 triliun per tahun.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Pelindo II (Persero) menilai penguatan soft infrastruktur pelabuhan mampu menekan biaya logistik hingga 2,5%-3% terhadap produk domestik bruto (PDB), atau menghemat Rp180 triliun-Rp200 triliun per tahun.

Direktur Utama PT Pelindo II  Richard Joost Lino mengatakan soft infrastruktur itu antara lain misalnya meningkatkan produktivitas, efisiensi dan cara kerja pemerintah. Alhasil, rata-rata masa tunggu dan bongkar muat (dwelling time) sekitar 8 hari saat ini, bisa turun hingga 3 hari.

“Ini hanya dari perbaikan di prosedur, dan sistem kerja yang lebih less birokrasi. Sehingga dweling time dari 8 hari menjadi 3 hari itu bisa konsisten. Makanya kami campaign pemerintah untuk perbaiki itu,” kata Lino, Sabtu (20/4/2014).

Lino menyebutkan biaya logisitik saat ini sekitar 24,5% dari PDB, atau lebih besar dari negara tetangga lainnya seperti Malaysia yang hanya sebesar 15%, atau negara-negara maju lainnya seperti Amerika dan Jepang sebesar 10%.

Menurutnya, perbaikan dwelling time cukup sulit karena menyangkut beberapa lembaga pemerintah, misalnya Ditjen Bea dan Cukai, Badan Pengawasan Obat dan Makanan, Badan Karantina, Kementerian Perdagangan, hingga operator pelabuhan.

“Tapi saya kira, penguatan soft infrastruktur itu seharusnya bisa selesai dengan waktu hanya 1 tahun-2 tahun. Ini hanya butuh komitmen yang kuat saja dari pemerintah dalam memperbaiki mutu pelayanan,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper