Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perusahaan Manufaktur China Weichai, Rencana Ekspansi Usaha Di Indonesia

Weichai perusahaan manufaktur asal China yang bergerak dibidang pembuatan mesin alat-alat transportasi, seperti mesin bus dan bus berencana memperluas usahanya di Indonesia.
logo Weichai/
logo Weichai/

Bisnis.com, JAKARTA—Weichai perusahaan manufaktur asal China yang bergerak dibidang pembuatan mesin alat-alat transportasi, seperti mesin bus dan bus berencana memperluas usahanya di Indonesia.

Saat ini, mereka baru menggarap jasa perawatan bis tingkat pariwisata di Jakarta dan perawatan engine bus Trans Jakarta.

Evron Sinaga Senior Manager for After Sales for Weichai Internasional mengatakan, saat ini proyek yang mereka garap adalah perawatan keseluruhan 5 unit bus pariwisata, dan bis Trans Jakarta hanya engine-nya saja.

“Untuk melengkapi dukungan layanan purna jual dan juga menjaga kualitas produknya, Weichai telah melakukan maintenance berkala 5000 KM untuk bus tingkat pariwisata,” ujarnya dalam siaran persnya.

Dia menjelaskan Weichai menyediakan service 200.000 KM selama 2 tahun secara free service (bukan bagian dari kontrak). Kedepannya, katanya, Weichai berkomitmen serius membangun sebuah pelayanan yang baik dengan service oriented di dukungan layanan purna jual.

Saat ini, lanjutnya, Weichai Group mendirikan layanan lebih dari 4000 service centre di seluruh China dan lebih dari 1000 di luar China termasuk Indonesia.

Direktur Weichai untuk Indonesia, Ding Wei mengatakan untuk Bus Tingkat Wisata ini Weichai berpartisipasi di setiap bagian, mulai dari engine hingga badan kapal yang memakai lisensi BCI (Bus Coach International), merk Italia yang diakuisisi sahamnya 75% oleh Weichai.

Ding Wei juga menambahkan Weichai menyuplai engine untuk bus Transjakarta yang 12 Meter dan 18 Meter yaitu 18 unit bus.

Transjakarta di tahun 2012 dan 142 unit di tahun 2013 dengan rincian :

Pada tahun 2012 Weichai menyuplai mesin untuk 18 unit bus Transjakarta berangka merk Ankai berukuran 18 meter (bus gandeng)

Pada tahun 2013, Weichai menyuplai 244 unit mesin untuk bus Transjakarta dengan rincian :  Merk Ankai 12 Meter sebanyak 142 unit

Merk Ankai 18 Meter (bus gandeng) sebanyak 60 unit

Merk Yutong 18 Meter (bus gandeng) sebanyak 30 unit dan sisanya 12 unit merk BCI berukuran 18

Meter (bus gandeng).

Ia karena belum bisa melakukan penjualan secara langsung mesin bus ke Indonesia untuk Transjakarta, Weichai hanya mengirim engine ke pabrik produsen rangka bodi di China, misal ke Ankai dan barang yang sudah comply tersebut kemudian oleh importir dikirim ke Indonesia.

Dengan total asset 94,7 Milyar Yuan dan memiliki sekitar 50.000 karyawan di seluruh dunia. Weichai berhasil mencapai jumlah penjualan 100.3 Milyar Yuan di tahun 2013 dan menduduki peringkat ke 147 dari 500 perusahaan terbesar di China. Weichai memproduksi mesin untuk kendaraan pribadi, truk, bus, alat berat, genset, power plant, kapal pesiar mewah (Bisnis.com)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Bisnis.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper