Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terminal Teluk Lamong Terapkan Sistem Pembayaran Elektronik

PT Terminal Teluk Lamong akan menerapkan sistem pembayaran elektronik saat operasional dermaga yang dijadwalkan uji coba Mei 2014.
sistem pembayaran elektronik akan diikuti jaminan dokumen selesai 24 jam.  /bisnis.com
sistem pembayaran elektronik akan diikuti jaminan dokumen selesai 24 jam. /bisnis.com

Bisnis.com, SURABAYA - PT Terminal Teluk Lamong akan menerapkan sistem pembayaran elektronik saat operasional dermaga yang dijadwalkan uji coba Mei 2014.

Direktur Umum dan Keuangan PT Terminal Teluk Lamong Hariyana menguraikan sistem pembayaran biaya terminal nantinya menggunakan pola elektronik. Sehingga transaksi pembayaran kapal maupun peti kemas semua mengandalkan teknologi.

"Sistemnya nanti agen atau shipping punya deposit, sehingga saat permohonan masuk terminal diajukan maka biaya diketahui, kalau kurang bayar akan terbit invoice," jelasnya saat sosialisasi operasional Teluk Lamong di Surabaya, Rabu (2/4/2014).

Menurutnya, sistem pembayaran elektronik akan diikuti jaminan dokumen selesai 24 jam. Konsumen nantinya bisa mencetak tanda bukti di kantor masing-masing dan bisa digunakan saat masuk terminal.

Hariyana menguraikan arus pembayaran berbasis elektronik dengan sistem host to host sudah bekerja sama dengan sejumlah bank, antara lain Bank Mandiri, CIMB Niaga, BPD Jawa Timur, Bank Permata dan HSBC.

"Bila ada bank lain yang hendak terlibat kami sangat terbuka," tambahnya.

Soal kemungkinan pengguna jasa belum menggunakan transaksi elektronik, Hariyana menilai bank tidak memerlukan membuka cabang atau kasir di kawasan terminal. Pasalnya, semua pembayaran melalui transaksi elektronik, sehingga fasilitas anjungan tunai mandiri di luar pelabuhan bisa difasilitasi.

Seperti diketahui, Terminal Teluk Lamong yang merupakan fasilitas tambahan di kawasan Tanjung Perak dilengkapi panjang dermaga 500 meter dengan lebar 80 meter. Kedalam laut dermaga internasional dan domestik 14 meter di bawah permukaan laut.

Terminal juga dilengkapi lapangan peti kemas seluas 15,86 ha dan lapangan curah kering 10 ha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Khoer

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper