Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementan Gelar Pameran Teknologi Pengolahan Pertanian

Kementerian Pertanian menggelar Pameran Penerapan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian 2014 pada 19-21 Maret 2014, yang diklaim menjadi gelaran penerapan produk olahan pertanian dengan konsep zero waste atau tanpa limbah guna peningkatan daya saing pelaku usaha agribisnis lokal

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Pertanian menggelar Pameran Penerapan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian 2014 pada 19-21 Maret 2014, yang diklaim menjadi gelaran penerapan produk olahan pertanian dengan konsep zero waste atau tanpa limbah guna peningkatan daya saing pelaku usaha agribisnis lokal.

“Dengan konsep zero waste ini, maka seluruh komponen dari komoditi memiliki nilai jual, sehingga penggunaan sumber daya menjadi efisien dan dapat menekan biaya produksi,” kata Menteri Pertanian Suswono, Rabu (19/3/2014).

Konsep ini, tuturnya, menuntut terlaksananya pembangunan pertanian yang terpadu, karena limbah dari budi daya tanaman bisa dimanfaatkan menjadi pakan ternak, biogas dan produk turunan lainnya, serta sebaliknya, yaitu limbah peternakan bisa dipakai untuk pupuk dan kompos.

Selain zero waste, kata Suswono, pameran ini diharapkan bisa menjadi ajang unjuk gigi pengusaha lokal untuk mempromosikan produk hilir yang memiliki nilai tambah tinggi.

 Gelaran ini sendiri juga memamerkan diversifikasi produk olahan dari empat sektor agribisnis dan agroindustri, yaitu peternakan, perkebunan, pangan dan hortikultura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arys Aditya
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper