Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kementan Gelar Pameran Teknologi Pengolahan Pertanian

Kementerian Pertanian menggelar Pameran Penerapan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian 2014 pada 19-21 Maret 2014, yang diklaim menjadi gelaran penerapan produk olahan pertanian dengan konsep zero waste atau tanpa limbah guna peningkatan daya saing pelaku usaha agribisnis lokal
Arys Aditya
Arys Aditya - Bisnis.com 19 Maret 2014  |  18:17 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Pertanian menggelar Pameran Penerapan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian 2014 pada 19-21 Maret 2014, yang diklaim menjadi gelaran penerapan produk olahan pertanian dengan konsep zero waste atau tanpa limbah guna peningkatan daya saing pelaku usaha agribisnis lokal.

“Dengan konsep zero waste ini, maka seluruh komponen dari komoditi memiliki nilai jual, sehingga penggunaan sumber daya menjadi efisien dan dapat menekan biaya produksi,” kata Menteri Pertanian Suswono, Rabu (19/3/2014).

Konsep ini, tuturnya, menuntut terlaksananya pembangunan pertanian yang terpadu, karena limbah dari budi daya tanaman bisa dimanfaatkan menjadi pakan ternak, biogas dan produk turunan lainnya, serta sebaliknya, yaitu limbah peternakan bisa dipakai untuk pupuk dan kompos.

Selain zero waste, kata Suswono, pameran ini diharapkan bisa menjadi ajang unjuk gigi pengusaha lokal untuk mempromosikan produk hilir yang memiliki nilai tambah tinggi.

 Gelaran ini sendiri juga memamerkan diversifikasi produk olahan dari empat sektor agribisnis dan agroindustri, yaitu peternakan, perkebunan, pangan dan hortikultura.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kementan produk pertanian
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top