Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembangunan Pipa Kalimantan-Jawa Dimulai Jumat (14/3/2014)

Pembangunan pipa Kalimantan-Jawa (Kalija) tahap I dijadwalkan ground breaking pada Jumat (14/3/2014).
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, SEMARANG - Pembangunan pipa Kalimantan-Jawa (Kalija) tahap I dijadwalkan ground breaking pada Jumat (14/3/2014).

Pipa itu menghubungkan lapangan gas Kepodang-Tambaklorok. Nilai investasi yang dikucurkan mencapai US$250 juta dengan estimasi pengerjaan selama 1 tahun.

Perizinan untuk proyek tersebut sudah selesai sehingga diharapkan menjadi momentum deklarasi atas keseriusan pemerintah terkait dengan pasokan gas untuk kebutuhan masyarakat maupun industri.

Kapala Dinas energi sumber daya mineral (ESDM) Pemprov Jateng Teguh Dwi Paryono memproyeksikan pembangunan berlangsung setahun sehingga pertengahan 2015 bisa beroperasi.

“Terutama Tambaklorok pada 2015 diharapkan bisa menghasilkan gas lagi untuk kebutuhan Jawa-Bali-Madura sebanyak 1.300 MegaWatt, soalnya sudah 2 tahun tidak menghasilkan,” katanya, Rabu (12/3/2014).

Ruas pipa yang terhubung dari Blok Muriah Jepara-Semarang itu digadang Pemprov Jateng sebagai penyangga kebutuhan energi listrik hingga 2017 sambil menunggu pembangunan PLTU Batang.

Selain itu, produksi gas dari pipa Kepodang – Tambaklorok juga disiapkan untuk memenuhi kebutuhan compress natural gas (CNG) pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) berkapasitas 1 MW di Karimunjawa.

“Harapannya sebagian untuk kebutuhan Karimunjawa yang sekarang sedang dibangun dan mengambil CNG dari Tambaklorok,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper