Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Luas Areal Tebu Diprediksi Turun 6%

Asosiasi Gula Indonesia (AGI) memperkirakan akan terjadi penurunan luasan areal pertanaman tebu sekitar 6%, areal tersebut berada di Jawa. Anjloknya harga tebu petani sepanjang tahun lalu disinyalir sebagai alasan penurunan ini.

Bisnis.com, JAKARTA – Asosiasi Gula Indonesia (AGI) memperkirakan akan terjadi penurunan luasan areal pertanaman tebu sekitar 6%, areal tersebut berada di Jawa. Anjloknya harga tebu petani sepanjang tahun lalu disinyalir sebagai alasan penurunan ini.

Senior Advisor Asosiasi Gula Indonesia Adig Suwandi menyebutkan luasan areal pertanian tebu di Jawa tahun lalu mencapai 304.333 ha atau sekitar 64,7% dari total luasan, sementara areal tertebang di luar Pulau Jawa luasannya hanya mencapai 165.198 ha.

“Tetapi luasan areal tebu di Jawa berpotensi berkurang 6% menjadi 228.000 ha saja dan secara nasional menjadi 447.000 ha pada tahun ini,” katanya, Kamis (6/3/2014).

Harga yang kurang menguntungkan, jelas Adig, membuat petani tidak memperluas areal pertanamannya dan hanya mempertahankan keprasan yang ada.harga rata-rata lelang gula sepanjang 2013 turun drastis dari Rp 10.166 per kg pada Mei menjadi hanya Rp 8.671 per kg pada Desember 2013.

Meskipun demikian, dia berharap penurunan produksi ini tidak berpengaruh besar terhadap produksi nasional mengingat kondisi agroklimat sepanjang 2014 diperkirakan akan lebih baik dibanding tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper