Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Hasil Survei Dunia Usaha Oleh Bank Indonesia

Hasil survei kegiatan dunia usaha Bank Indonesia mengindikasikan berlanjutnya perlambatan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal IV/2013.

Bisnis.com, JAKARTA - Hasil survei kegiatan dunia usaha Bank Indonesia mengindikasikan berlanjutnya perlambatan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal IV/2013. 

Saldo bersih tertimbang (SBT) komponen kegiatan usaha yang menurun dari 13,35% kuartal III/2013 menjadi 12,61%. Perlambatan terindikasi di beberapa sektor ekonomi, seperti sektor pertambangan dan penggalian yang berdasarkan SBT terkoreksi 2,7% (qtq).

“Sejalan dengan perlambatan kegiatan ekonomi, rata-rata kapasitas produksi terpakai juga tercatat menurun dari 73,18% triwulan sebelumnya menjadi 73,1%,” demikian hasil survei yang diumumkan di laman BI, Selasa (4/2/2014).

Namun, hasil survei mengindikasikan pertumbuhan ekonomi kuartal I/2014 akan kembali membaik. Indikasi ini tercermin pada SBT komponen kegiatan usaha yang lebih tinggi, yakni 18,04%, didukung perkiraan peningkatan penggunaan tenaga kerja.

Indikasi perbaikan ekonomi itu sejalan dengan hasil survei yang menunjukkan keyakinan sebagian besar responden terhadap situasi bisnis 6 bulan mendatang yang tetap baik.

Sementara itu, tekanan harga jual pada kuartal I/2014 diperkirakan meningkat didorong peningkatan harga bahan baku dan biaya operasional akibat dampak pelemahan nilai tukar. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sri Mas Sari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper