Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekspor Mineral Mentah Disetop, BK Progresif Siap Diterapkan

Kementerian Keuangan siap menerapkan bea keluar progresif mineral saat pelarangan ekspor mineral mentah diberlakukan mulai 12 Januari 2014.
Batu Bara/Bisnis
Batu Bara/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Keuangan siap menerapkan bea keluar progresif mineral saat pelarangan ekspor mineral mentah diberlakukan mulai 12 Januari 2014.

Menteri Keuangan M.Chatib Basri mengatakan perubahan skema bea keluar dari semula flat 20% itu dimaksudkan untuk menggencarkan penghiliran di dalam negeri sejalan dengan pelarangan pengapalan.

Namun, Menkeu masih enggan menjelaskan detail bea keluar progresif itu dengan alasan akan diumumkan awal pekan depan.

“Nanti kita lihat. Pokoknya, inti kebijakan saya menunjang (Kementerian) ESDM. ESDM kan maunya yang mentah tidak keluar, kemudian yang diperbolehkan yang (sudah) diproses. Tapi, yang diproses itu juga ada gradasinya. Nanti bea keluar akan men-support itu,” katanya, Jumat (10/1/2014).

Sementara itu, Wamenkeu Bambang P.S. Brodjonegoro mewanti-wanti agar pemangku kepentingan memiliki peta jalan penghiliran yang jelas selama 3 tahun ke depan sehingga pada 2017, Indonesia sudah tidak lagi mengekspor mineral setengah mentah. Hal ini untuk menjamin perbaikan struktural di dalam negeri terus berjalan.

“Yang penting jelas setiap logam apa targetnya, pemurnian, pengolahan berapa persen,” katanya.

Saat ini, Kemenkeu mengonsolidasikan seluruh kanwil Ditjen Bea dan Cukai untuk mengawasi seluruh pelabuhan di Tanah Air dalam rangka pelarangan ekspor mulai 12 Januari 2014.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sri Mas Sari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper