Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

2014, Properti di Bawah Rp1 Miliar Paling Diminati

Pengamat Properti Panangian Simanungkalit menyatakan pada 2014 properti kelas menengah dengan harga di bawah Rp1 miliar akan menjadi idola pasar real estate Indonesia.

Bisnis.com, JAKARTA – Pengamat Properti Panangian Simanungkalit menyatakan pada 2014 properti kelas menengah dengan harga di bawah Rp1 miliar akan menjadi idola pasar real estate Indonesia.

 Dia menjelaskan kondisi makro ekonomi yang kurang kondusif dan perhelatan pemilihan umum pada tahun depan membuat para pengembang dan konsumen lebih berhati-hati dalam memilih atau pun membeli properti.

Untuk itu, menurut Panangian properti segmen menengah bawah menjadi segmen yang paling aman dalam bisnis real estate di tahun depan.

“Terutama pada kuartal I dan II 2014. Yang paling aman di bawah Rp1 miliar. Konsumen akan menyasar itu, dan bank-bank juga akan menyasar produk di bawah Rp1 miliar,” katanya kepada Bisnis, Minggu (22/12/2013).

Sementara itu, dia menilai properti jenis kondominium (apartemen strata title)  dan rumah tapak (landed house) masih akan diminati oleh pasar.

“Kondominium paling top, terutama di tengah kota. Sedangkan rumah tinggal yang di pinggir kota, seperti Bekasi, Bogor, Tangerang,” terangnya.

Dia menambahkan memasuki kuartal III 2014, pasar properti akan semakin membaik seiring perbaikan kondisi ekonomi menjelang pemilihan umum presiden.

“Agustus sudah mulai ada pergerakan pasar, karena bunga sudah turun, defisit dan inflasi sudah membaik. Puncaknya pada November, pasca pemilihan akan semakin stabil,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper