Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kata Dahlan Iskan, Indonesia Tak Impor Beras Lagi

Arys Aditya
Arys Aditya - Bisnis.com 08 Desember 2013  |  15:20 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan yakin sejak bahwa tahun ini Indonesia tidak perlu lagi mengimpor beras seperti tahun-tahun sebelumnya. Hal ini karena Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) sudah mampu memproduksi 3,6 juta ton beras.

Pada 2012, kata Dahlan, sejatinya pemerintah tak perlu lagi mengimpor beras karena Bulog sudah sanggup menghimpun 3,27 juta ton beras, namun karena kebiasaan dan kekhawatiran akan terjadi peristiwa luar biasa, seperti bencana, pemerintah pada akhirnya memutuskan untuk melakukan impor, meski pada akhirnya tidak terpakai.

Data Bulog menyebutkan, sampai November 2013, BUMN tersebut telah melakukan pengadaan 3,32 juta ton gabah setara beras guna mencukupi kebutuhan dalam negeri.

Dahlan melanjutkan, masalah kemudian timbul ketika Bulog telah mampu menyimpan beras dalam jumlah tersebut. Masalah tersebut adalah menghindari penurunan kualitas. Dia menyebutkan, sebagian beras yang disimpan di gudang Bulog tidak sebagus ketika awal dihimpun karena akibat terlalu lama disimpan.

“[Penurunan kualitas itu] akhirnya bisa dipecahkan dengan Bulog membeli 20% gabah, tidak beras seluruhnya,” kata Dahlan di Subang, Jumat (6/12/2013).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

impor beras
Editor : News Editor
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top