Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kepemilikan Rumah Diperketat, BI Minta Pengembang Menyesuaikan Diri

Bank Indonesia (BI) berharap para pengembang dapat menyesuaikan diri dengan kondisi pasar, pascapemberlakuan surat edaran mengenai pengetatan kredit pemilikan rumah bagi rumah kedua dan seterusnya.

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) berharap para pengembang dapat menyesuaikan diri dengan kondisi pasar, pascapemberlakuan surat edaran mengenai pengetatan kredit pemilikan rumah bagi rumah kedua dan seterusnya.

Asisten Gubernur BI Mulya E. Siregar mengatakan terdapat tiga hal yang melatarbelakangi kebijakan tersebut, pertama, mengarahkan perbankan beroperasi sesuai dengan kapasitasnya.

"Mereka bisa mengeluarkan kredit sesuai dengan kemampuan," katanya di sela-sela seminar Bisnis Perumahan di tengah Ketidakpastian Regulasi, pada musyawarah nasional (Munas) Realestate Indonesia (REI) ke-14 di Jakarta, Selasa (26/11/2013).

Alasan kedua, lanjutnya, pada dasarnya untuk consumer protection, dan ketiga, regulasi tersebut dianggap pro kepada MBR karena akan menekan kenaikan harga properti yang terus melambung tinggi.

Namun, dia menuturkan surat edaran BI juga membawa konsekuensi bagi pengembang, pengembang diharapkan bisa menyesuaikan diri dengan kondisi tersebut.

Menurutnya, pengembang perlu menyesuaikan permodalannya dengan segmen yang akan dibangun. "Harus dapat menyesuaikan diri. Modal kuat, bukan berarti modal besar, tapi harus sesuai dengan levelnya,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper