Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengusaha Desak Pemerintah Tumpas Ekonomi Biaya Tinggi

Kalangan pengusaha mendesak pemerintah untuk menurunkan ekonomi biaya tinggi (high cost economy) untuk menghadapi persaingan di era Asean Economic Community (AEC) atau MasyarakatEkonomi Asean (MEA) pada 2015.

Bisnis.com, JAKARTA- Kalangan pengusaha mendesak pemerintah untuk menurunkan ekonomi biaya tinggi (high cost economy) untuk menghadapi persaingan di era Asean Economic Community (AEC) atau MasyarakatEkonomi Asean (MEA) pada 2015.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi mengatakan permudah perizinan dalam berusaha.

“Kalau yang lain-lain mahal,  pemerintah sebaiknya melakukan yang sebenarnya bisa dilakukan dengan murah, yakni birokrasi harus dipermudah. Itu kuncinya," kata Sofjan Wanandi ketika dihubungi Bisnis, Jumat (15/11/2013).

Sofjan mengatakan untuk mendorong industry manufaktur tidak mungkin hanya  mengandalkan investasi. “Itu dirasakan tidak mungkin,” katanya. Investasi yang masuk, katanya, baru akan  dirasakan beberapa tahun mendatang, sehingga kemudahan dalam perizinan merupakan hal yang paling bisa dilakukan oleh pemerintah.

Pemerintah pusat, katanya, harus berkordinasi dengan pemda untuk menyelesaikan ini. “Kurangi high cost economy tahun depan. Apalagi, menghadapi pemilu, kami  sering diminta sumbangan. Semakin sulit buat industri," jelasnya.

Menurut Sofjan,  dibandingkan dengan perusahaan asing, perusahaan lokal  lebih banyak menghadapi hambatan. Rencana pemberlakuan  AEC 2015, akan terhambat oleh Pemilu 2014. “Perusahaan lokal lebih ada urusan politiknya. Beda dengan perusahaan asing, yang sebagian besar, menganggap [pemilu] bukan urusan mereka.”

Kemudian, katanya, perusahaan lokal dan perusahaan asing akan sulit terintergrasi. "Tidak  mungkin, karena akan bersaing,” tambahnya,

Menurut dia,  selain kemudahan perizinan,  pemerintah bisa mempercepat realisasi pembangunan infrastruktur. Infrastruktur merupakan kunci pembangunan industri. Dengan begitu, baik perusahaan lokal maupun asing tidak akan berpikir dua kali untuk menanamkan investasinya di Indonesia. "Saat ini, Indoenesia hampir tak ada terobosan."

-high cost economy            

-SofjanWanandi                 

-Apindo            

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper