Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Semen Tonasa Bukukan Penjualan 4,41 Juta Ton per September

PT Semen Tonasa mencatatkan penjualan selama Januari-September 2013 sebanyak 4,41 juta ton, naik 38,5% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Semen Tonasa mencatatkan penjualan selama Januari-September 2013 sebanyak 4,41 juta ton, naik 38,5% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk itu menargetkan total penjualan hingga akhir tahun sebanyak 6,33 juta ton, naik 36,8% dibandingkan dengan tahun lalu.

Direktur Utama Semen Tonasa Unggul Attas mengatakan hingga saat ini pangsa pasar perseroan itu secara nasional mencapai 9%, sedangkan di Kawasan Timur Indonesia sebesar 40%.

Adapun nilai penjualan perseroan mencapai Rp3,41 triliun, naik 35% (year on year). "Prognosa hingga akhir tahun adalah Rp4,88 triliun atau naik 35,5% dibandingkan dengan tahun lalu," katanya, Kamis (31/10/2013).

Laba perseroan sebelum pajak, depresiasi dan amortisasi (EBITDA) hingga September mencapai Rp1,01 triliun dari target tahun ini sebesar Rp1,43 triliun.

Menurut Unggul, permitaan semen nasional hingga triwulan III/2013 mencapai 41,6 juta ton atau tumbuh 5,4%, lebih rendah dibandingkan dengan tahun lalu yang naik 18,8%.

"Hingga akhir tahun ini, demand semen nasional diproyeksikan mengalami pertumbuhan kurang lebih 5,6% atau sebesar 58 juta ton," katanya.

Melambatnya permintaan semen, kata dia, juga menurunkan pertumbuhan rata-rata di industri yang hanya 5,7%. Namun, Ungggul mengklaim Semen Tonasa mampu tumbuh 18,8% pada 2013.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper