Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Subsidi Benih Diminta Melalui Penunjukkan Langsung, Tanpa Tender

Kementerian Pertanian dan Komisi IV DPR sepakat menerbitkan Peraturan Presiden mengenai penyaluran benih bersubsidi melalui penunjukan langsung, karena penyaluran melalui sistem tender yang selama ini dilakukan tidak berjalan optimal dan cenderung menimbulkan berbagai masalah.
M. Taufiqur Rahman
M. Taufiqur Rahman - Bisnis.com 22 Oktober 2013  |  01:08 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian dan Komisi IV DPR sepakat menerbitkan Peraturan Presiden mengenai penyaluran benih bersubsidi melalui penunjukan langsung, karena penyaluran melalui sistem tender yang selama ini dilakukan tidak berjalan optimal dan cenderung menimbulkan berbagai masalah.

Wakil Ketua Komisi IV Herman Khaeron mengatakan serapan subsidi benih pada 2013 rendah, tidak lebih dari 10% dari total anggaran yang dicanangkan Rp1,4 triliun. Untuk itu, dia meminta agar Kementerian Pertanian mengevaluasi program subsidi benih tersebut.

“Kementerian sebaiknya melakukan evaluasi terhadap program subsidi benih mengingat hingga saat ini realisasi serapan anggarannya sangat minim,” katanya, Senin (21/10/2013).

Herman menjelaskan rendahnya serapan ini menunjukkan program tersebut tidak berjalan dengan baik, sehingga pada ujungnya petani tidak mendapat benih subsidi yang sudah direncanakan tersebut.

Hal ini, akan berdampak pada pencapaian swasembada pangan yang sudah dicanangkan pemerintah.

Menanggapi hal itu, Menteri Pertanian Suswono mengatakan melalui sistem tender ini, pihaknya mengalami kesulitan dalam mengontrol penyaluran benih bersubsidi tersebut. Karena tanggung jawab benih sebar berada di tangan BUMN perbenihan.

“Kami merasa ketipu, karena ternyata benih subsidi tersebut tidak sampai ke petani dan bahkan terjadi penyelewengan. Padahal, secara administratif berjalan dengan baik,” katanya.

Untuk itu, dia mengusulkan agar sistem penyaluran benih subsidi dikembalikan ke sistem sebelumnya yaitu melalui penunjukkan langsung kepada BUMN untuk memproduksi benih. Dengan cara ini, serapan benih ke petani dipastikan akan meningkat dan keterlambatan benih tidak akan terjadi.

“Melalui penunjukan langsung kepada BUMN, maka akan ada kejelasan tanggung jawab sehingga keterlambatan benih yang selama ini sempat teradi tidak akan terulang kembali,” jelasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

suswono benih subsidi
Editor : Sepudin Zuhri
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top