Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengembangan Apartemen Sewa Tak Menguntungkan

Pengembangan apartemen sewa dianggap tidak menguntungkan karena harus bersaing dengan semakin banyaknya apartemen strata-title (kodominium) yang masuk ke pasar sewa.

Bisnis.com, JAKARTA—Pengembangan apartemen sewa dianggap tidak menguntungkan karena harus bersaing dengan semakin banyaknya apartemen strata-title (kodominium) yang masuk ke pasar sewa.

Associate Director Research Colliers International Indonesia Ferry Salanto mengatakan pembangunan apartemen sewa sudah mulai ditinggalkan oleh pengembang saat ini. Tingkat okupansi, sambungnya, mengalami penurunan.

"Karena penyewa jumlahnya berkurang, apartemen yang awalnya disewakan mulai dijual. Lagipula perolehan keuntungannya baru terasa setelah lebih dari 7 tahun. Kalau apartemen yang dijual, dalam waktu 2-3 tahun sudah balik modal,” katanya, Minggu (20/10/2013).

Dia mengungkapkan pasar apartemen sewa sangat tergantung dari keberadaan ekspartiat yang bekerja di Indonesia. Oleh sebab itu pembangunan apartemen sewa harus terletak di lokasi utama.

"Ekspartiat itu sudah membentuk komunitas tersendiri. Yang berkembang saat ini adalah yang tinggal di kawasan Jakarta Selatan. Kalau pu ada alternatif di wilayah lain, tidak terlalu menarik,” ujarnya.

Secara terpisah, Analyst Research & Advisory Cushman & Wakefield Indonesia Wisnu Budhiargo mengatakan belum ada lagi pembangunan apartemen sewa (non-service) yang dikembangkan sejak tahun lalu.

Namun, untuk apartemen sewa (service) tetap ada pengembangan, meski jumlahnya terbatas.

“Kuncinya pengembangan apartemen sewa ini adalah lokasi. Lokasi utama adalah di CBD. Tentu untuk melakukan pengembangan di area CBD butuh waktu,” tuturnya.

Di sisi lain, dia menilai semakin banyaknya pasar apartemen strata-title yang masuk ke pasar sewa menjadi alasan utama terjadinya penurunan pengembangan apartemen sewa.  (ra)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatia Qanitat
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper