Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Uji Kelaikan Selesai, Kelok Sembilan Siap Digunakan

Jembatan Kelok Sembilan yang menjadi penghubung Sibolga-Tebing Tinggi-Padang-Bukit Tinggi hingga Riau serta Bengkulu menuju Palembang sudah bisa dilalui setelah dilakukannya uji kelaikan dan road safety.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Jembatan Kelok Sembilan di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatra Barat siap dioperasikan sejalan dengan telah dilakukannya uji kelaikan dan road safety.

Direktur Bina Pelaksanaan Wilayah I, Ditjen Bina Marga Subagyo mengatakan jembatan sepanjang 964 meter tersebut akan diresmikan pada akhir bulan ini.

“Kelok Sembilan sudah dapat dilalui. Rambu-rambu sudah terpasang dan sudah dilakukan uji kelaikan dan road safety,” katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (18/10/2013).

Saat ini, sambungnya, di lapangan sedang dilakukan perampungan jembatan yang memiliki jalan penghubung sepanjang 1.537 seperti penghijauan tebing.

Jelang peresmian pada akhir bulan, pada 25 Oktober 2013 pekerjaan tambahan itu akan dihentikan sementara untuk kemudian dilakukan pengecekan ulang.

Jembatan tersebut juga difungsikan sebagai feeder mulai dari Sibolga-Tebing Tinggi-Padang-Bukit Tinggi hingga Riau serta Bengkulu menuju Palembang.

Dia menyampaikan kebutuhan lahan tersebut telah dibebaskan oleh Pemerintah kabupaten Payakumbuh dan Pemkab Lima Puluh Kota yang akan dimasukan ke dalam Rencana Strategis (Renstra) ke depan.

“Akan dibuat jalan pengalihan sepanjang 23 km," ujarnya.

Jembatan Kelok Sembilan berdiri di antara hutan lindung dan hutan observasi sehingga pemerintah juga akan mempertimbangkan Kelok Sembilan sebagai tujuan wisata dengan melakukan berbagai kajian terlebih dahulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper