Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis.com, BATAM – Ketua Umum Kadin Indonesia Suryo Bambang Sulisto “menyentil" pemerintah yang masih bertindak boros meskipun di tengah krisis ekonomi yang sedang terjadi di Indonesia.

Suryo mengatakan, setiap elemen negara perlu memberikan pengorbanan dalam kondisi krisis ekonomi yang sedang berlangsung, khususnya pemerintah.

Pemerintah, katanya, harus mau mengencangkan ikat pinggang, tetapi dia tidak melihat hal itu dilakukan.

“Kalau di negara lain, di Korea, saya masih ingat betul, di saat mereka menghadapi krisis, menterinya itu tidak boleh naik kelas bisnis, kalau perjalanan itu naik ekonomi.

Kemudian dianjurkan juga jangan terlalu sering ke luar negeri,” tuturnya saat menghadiri acara Silaturahmi dan Diskusi Nasional bertema Kesiapan Indonesia Menuju ASEAN Free Trade Area dan Satu Komunitas ASEAN di Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (21/9/2013).

Menurutnya, pemerintah perlu melakukan langkah-langkah penghematan seperti itu guna mengurangi beban biaya yang dipikul negara.

“Terus terang saja, kita belum melihat adanya upaya-upaya yang serius ke arah penghematan, pengetatan ikat pinggang. Ini yang masih kita tunggu-tunggu,” sambung dia.

Padahal, menurut dia, bila sikap itu dilakukan pemerintah maka akan mempengaruhi psikologis dan kepercayaan masyarakat, termasuk dunia usaha.

Kepercayaan itu sangat dibutuhkan pemerintah untuk melakukan berbagai upaya dalam mengatasi krisis ekonomi Indonesia yang kini belum reda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yoseph Pencawan
Editor : Others
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper